-->

BREAKING NEWS

Sekda Provinsi Jambi Menghadiri Bintek Penulisan Draf Produk Hukum Desa Dan Pemanfaatan Ekosistem Lahan Gambut Ditingkat desa Atau Komunitas

Sekda Provinsi Jambi Menghadiri Bintek Penulisan Draf Produk Hukum Desa Dan Pemanfaatan Ekosistem Lahan Gambut Ditingkat desa Atau Komunitas




Foto Istimewa Jambiekspose.net, Deputi III Berikan Kata Sambutan BINTEK

Jambi, Jambiekspose.net -- Rabu(12/05/2022) Bertempat di Hotel Oduo Weston Kota Jambi Badan Restorasi Gambut menggelar kegiatan Bimbingan (Bintek) penulisan draf produk hukum desa untuk  perlindungan dan pemanfaatan ekosistem lahan gambut ditingkat desa atau komunitas 

Hal ini ditandai dengan dibuka secara resmi Deputi 3 Bidang, Edukasi Dan Sosialisasi l, Partisipasi dan Kemitraan BRGM, DR.MYRNA SAFITRI

Turut mendampingi Sekda Provinsi Jambi, H. Sudirman.SH.MH. Amanah Asri, Direktorat Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri yang menangani tentang penyusunan produk hukum di desa

Dikatakan oleh Myrna Safitri, Mewakili Ketua BRGM dalam hal ini berhalangan hadir dalam bimbingan teknis penulisan draf tentang hukum desa perlindungan dan pemanfaatan ekosistem lahan gambut ditingkat desa atau komunitas.

"Pemerintah pusat menyambut baik atas kehadiran dari  Kepala Desa sekretaris desa ketua BPD dan perwakilan dari tidak salah 19 desa yang ada di Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur,"jelasnya.

"Banyak sekali pertanyaan yang muncul kepada kami, Kalau kami menyelenggarakan kegiatan seperti ini untungnya hari ini pertanyaan itu tidak muncul karena Pak Sekda juga latar belakangnya hukum kemudian Bu Asri memang mengurus masalah produk hukum Desa tapi kalau kami bertemu dengan yang lain selalu pertanyaannya Kenapa badan restorasi gambut dan mangrove,"ucapnya.

Kegiatan yang berkaitan dengan produk hukum Desa Hubungannya apa itu karena banyak yang mengira kami itu hanya kalau mangrove hanya menanam kalau gambut itu hanya membangun sekat kanal membangun sumur bor Ibu dan Bapak sekalian kita berkumpul pada hari ini dan sampai dengan 2 hari kedepan 3 hari kedepan adalah untuk menunjukkan bahwa yang namanya merestorasi gambut itu tidak hanya pembangunan fisik ya restorasi gambut itu adalah menyangkut semua dimensi di dalam pembangunan termasuk juga dia harus terhubung dengan pembangunan pedesaan.

 Karena itulah kami sangat menyadari bahwa kegiatan restorasi gambut yang ada di tingkat tapak ini tidak boleh melupakan keberadaan desa tetapi persoalannya bukan biasa itu bukan hanya menjadi tempat berkegiatan bukan hanya menjadi lokus kegiatan Desa itu harus juga secara aktif menjadi subjek penting di dalam upaya kita bersama-sama untuk melindungi ekosistem gambut.

Bagaimana caranya paling tidak kita kemudian bisa memikirkan bagaimana agar kegiatan perlindungan gambut ini ini masuk ke dalam pembangunan desa Apakah itu melalui BPD desa dan kemudian diturunkan di dalam APBDes untuk menuju itu semua kita perlu instrumen alat yang secara sah bisa digunakan alat itulah yang disebut dengan produk hukum jasa.

 Ibu dan Bapak sekalian tentu bukan hal yang asing bagi kita kalau bicara produk hukum Desa kita tahu ada peraturan Desa ada Peraturan Kepala Desa yang ada Peraturan Bersama kepala desa kita tahu semua itu tetapi yang kita belum tentu tahu adalah bahwa alat itu bisa digunakan lebih dari apa yang biasa kita gunakan Asri mengatakan kebanyakan di banyak tempat itu digunakan hanya untuk bicara hal yang wajib wajib saja Misalnya rkp desa apbdes tekan-tekan hal yang wajib wajib tetapi sebenarnya kalau kita melihat yang disebut dengan kewenangan Desa itu banyak sekali jadi ibaratnya ibu dan bapak ini bisa punya 100 tapi Ibu dan Bapak hanya menggunakan 10 berarti 90 nya masih belum digunakan Kenapa belum digunakan satu karena tidak tahu bahwa bisa menggunakan itu atau yang kedua memang tahu bahwa bisa menggunakan tapi tidak tahu caranya bagaimana agar kewenangan itu bisa dilaksanakan Nah karena itu Ibu dan Bapak kita berkumpul pada kegiatan ini adalah untuk pertama mengetahui sebenarnya kewenangan Desa itu apa saja di dalam kewenangan Desa itu juga termasuk hal yang berkaitan dengan lingkungan hidup gambut itu juga ada pada Desa tentu saja kewenangan itu tidak boleh bertentangan tidak boleh bertabrakan dengan kewenangan dari pemerintahan yang lebih tinggi yaitu pemerintah daerah dan pemerintah pusat itu semua harus di kita ketahui supaya Kalaupun kita bisa menyusun produk hukum Desa maka itu tidak menyalahi pada ketentuan yang ada ibu dan bapak Kemudian yang kedua ini yang seringkali saya temukan nya banyak dari pemerintahan desa bukan hanya pemerintahan desa banyak orang-orang yang tidak belajar hukum yang seringkali tidak tahu bikin peraturan tuh kayak apa sih bikin peraturan yang benar itu kayak apa sih itu nah dalam pertemuan ini kita nanti akan belajar bersama-sama bagaimana cara membuat peraturan itu ya Saya berpesan banget ya dengan semua tim BBM yang ada disini kepada narasumber dan pengajar supaya kita ini menggunakan waktu betul-betul nanti untuk berlatih jadi jangan kebanyakan teorinya karena ibu dan bapak perlu prakteknya kan Ya nggak jadi kita berlatih karena itu nanti mohon jangan kaget kalau para pendamping itu nanti betul-betul meminta Bapak Ibu sekalian untuk mulai berani menyusun sebuah draft rancangan sebagai bahan latihan kita jadi rancangan itu sebagai bahan latihan supaya kita tahu nanti kalau sudah selesai itu bisa kita bawa ke desa kita pelajari lagi kita diskusikan lagi kita musyawarahkan lagi proses selanjutnya silahkan mengikuti proses yang biasanya berlangsung di desa karena peraturan tu harus dimusyawarahkan juga seperti itu ya tetapi paling tidak pengetahuan dan keterampilan ibu dan bapak untuk bisa menyusun produk hukum itu itu sudah bisa didapat pada kegiatan bimbingan teknis itu ibu dan bapak saya juga sangat berharap supaya apa yang kami sediakan di dalam kegiatan ini betul-betul bisa dimanfaatkan materinya bisa dipelajari kalau tidak mengerti tanyakan sampai dengan mengerti kehadiran narasumber dan pengajar itu betul-betul dimanfaatkan karena sangat susah ibu dan bapak untuk bisa menghadirkan narasumber dan pengajar secara offline seperti ini kita bersyukur ya Bu Asri masih bisa dibawa keliling ke beberapa tempat lagi waktunya jauh-jauh hari gua hari ini di Jambi Nanti minggu depan Sumsel dan selanjutnya jadi Mumpung gua Asri ada waktu datang ke sini ya silakan di pergunakan kesempatan untuk bisa berdiskusi dengan beliau jadi mudah-mudahan ibu dan bapak apa yang kita hasilkan dalam kegiatan ini Ini bisa memberikan kebaikan bagi kita semua bagi warga masyarakat desa kita kira-kira itu yang dapat saya sampaikan terima kasih Pak Sekda

Amanah Asri, kepada bapak sekda Provinsi Jambi apa Sudirman Terima kasih kemudian ibu dokter Mirna Deputi bidang edukasi sosialisasi partisipasi dan kemitraan pada mangrove dan gambut Terima kasih bunda untuk undangannya untuk kolaborasi kita kemudian kepala Kelompok kerja partisipasi dan kemitraan Bapak Yusuf Makasih Bapak Yusuf tenaga teknik fasilitator desa di 28 Desa terpilih Selamat datang Selamat menjadi peserta Bimtek karena ini adalah desa desa yang terpilih tenaga teknis fasilitas setor Desa kepala desa dan badan permusyawaratan permusyawaratan desa yang terpilih oleh badan Group kemudian kepada Kepala Biro atau yang mewakili dari jam Jabung Barat dan Jabung Timur perkenalkan tidak saya tidak kenal maka tak sayang Perkenalkan nama saya amanah Asri saya di Direktorat Bina pemerintahan desa Kementerian Dalam Negeri yang menangani tentang penyusunan produk hukum di desa di mana kita ketahui tadi setelah sekilas yang telah di sampaikan oleh Bapak Sekda kita benar sekali bahwa kewenangan Desa itu sangat penting sekali kita kita bergerak kita melakukan sesuatu untuk perencanaan dan pembangunan desa harus didasarkan oleh kewenangan harus didasarkan oleh potensi desa yang kita miliki bagaimana kita ingin menjalankan pembangunan dan perencanaan Desa kalau kita tidak mengenal Desa kita segala sesuatu program dan rencana kerja oleh desa kita harus dibuatkan dasar hukumnya kebijakannya yaitu berupa peraturan Desa Bagaimana peraturan Desa akan kita buat itu turunan dari Peraturan Bupati atau peraturan Walikota tentang kewenangan desa dan bila kewenangan desa dari Bupati dan Walikota telah keluar atau telah ada telah diterbitkan wajib hukumnya Kepala Desa untuk membuat peraturan desa yang kami terima itu banyak sekali peraturan desa yang bersifat wajib sementara yang tematik itu tidak ada hampir-hampir sedikit sekali hampir sedikit sekali tentang tematik sementara untuk menjalankan perencanaan dan pembangunan desa yang kita cita-citakan ada Desa maju Mandiri Sejahtera di lahan gambut Bagaimana terjadi bila tidak ada kebijakan dasar hukum kita melakukan pembangunan pembangunan desa untuk pemanfaatan lahan gambut kita oleh karenanya kita pada saat 3 hari ini kita akan melakukan bintek secara Teknik ini sangat penting sekali Terima kasih kita ucapkan terima kasih dengan ibu Firna udah putih kita karena beliau sangat konsen sekali bukan hanya teoritik bukan hanya penyampaian teori yang saya berikan atau Pak Yusuf berikan atau materi yang berikan tetapi kedua 2 hari kedepan ini kita secara teknik langsung menyusun draft perdes tematik Apa itu peta tematik yaitu salah satunya yaitu tentang pemanfaatan dan pemanfaatan lahan gambut ini banyak sekali yang yang akan kita sampaikan nanti ada pertanyaan-pertanyaan tentang apakah bisa Dana Desa digunakan untuk untuk Apa manfaat an lahan gambut nah itu nanti secara teknis secara gamblang kita akan menjelaskannya Bagaimana membuat peraturan Desa tematik yang saya ucapkan tematik yang kita fokuskan karena kalau cuman rkp Desa rancangan yang tidak wajib hukumnya itu kita bisa copy paste copy paste font harusnya kita berpikir copy paste karena satu desa ke desa lainnya Apalagi sudah beda Kabupaten pasti acara ini biar kita tidak copy paste banget gitu loh Kita lihat dulu kewenangan Desa kemudian kita perdeskan kemudian kita lihat potensi desa kita Apakah Apakah kita bisa masuk dalam pemanfaatan lahan gambut atau atau atau kewenangan apa yang telah diberikan Kabupaten kepada kita baru kita buat pedesnya nah yang tadi saya bilang setiap desa pasti pasti berbeda dan bagaimana Apakah ada anggarannya Apakah ada aturannya ada semua segala sesuatu yang yang berkaitan dengan konsekuensi pertanggungjawaban pasti ada aturannya Mungkin itu saja yang saya sampaikan secara sekilas kalau banyak-banyak nanti masuk kelas berarti kita sambung lagi oke terima kasih wabillahi taufik wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi

Yang kami hormati kasubdit fasilitasi penyusunan produk hukum Desa desain Bina pemerintahan desa Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Ibu amanah Asri Selamat datang di Jambi yang kami hormati setelah segar Apa itu tenaga teknis fasilitator desa yang kami hormati para kepala desa ketua badan permusyawaratan desa dan sekretaris desa desa Mandiri perlu dicabut Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur bapak ibu hadirin yang berbahagia Alhamdulillah puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala siang hari ini kita masih diberikan kesempatan kekuatan dapat hadir bersama-sama pada acara bimbingan teknis penulisan produk-produk hukum desa untuk perlindungan dan pemanfaatan ekosistem lahan gambut di tingkat desa atau komunitas selamat sore salam mamamu sholli wasallim ala Muhammad kita hadiahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad Shalallahu Wassalam mudah-mudahan nama akun kita sebagai umat Rasulullah yang senantiasa melaksanakan melaksanakan ajaran seragam Pak bapak ibu hadirin yang kami hormati pertama-tama atas nama pemerintah Provinsi Jambi mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan bimbingan teknis penulisan draf produk hukum desa untuk perlindungan dan pemanfaatan ekosistem lahan gambut di tingkat desa atau komunitas Selanjutnya kami juga mengucapkan Selamat datang kepada para narasumber yang telah meluangkan waktunya untuk bisa hadir pada acara ini Selamat datang juga dari para peserta yang dari Kabupaten Tanjung Jabung Barat maupun Tanjab Timur bimbingan teknis terkait dengan penyusunan grafer kampung desa untuk perlindungan dan pemantauan ekosistem lahan gambut juga menjadi sangat penting pertama menjadi sangat strategis Apa itu perlu kejelasan tentang kewenangan jadi hati-hati peraturan Desa itu dibentuk sesuai dengan kewenangannya Jadi kalau bukan kewenangan Bapak Ibu Kepala Desa jangan diatur karena itu bagian dari upaya menyalahi mengenang nomor 2 itu kaitanya dengan procedural buatkan dalam regulasi ini dalam peraturan SNI prosedurnya tahapan-tahapan proses Tata caranya harus dibuat diatur kemudian yang paling penting yang ketiga adalah substansi dari substansi dari regulasi itu menjadi sangat penting misalnya ketika Bapak membuat peraturan Desa itu peristiwa hukum apa yang diatur Apa hak dan kewajiban para pihak akibat hukumnya Seperti apa ketika terjadi pelanggaran terhadap peristiwa hukum ini menjadi bagian-bagian penting dari produk hukum di desa Oleh karena itu mudah-mudahan bapak ibu para peserta bisa menyimak masukan dari para narasumber untuk bisa nanti ditindaklanjuti ditindaklanjuti di tingkat Desa karena menjadi sangat strategis menjadi sangat penting perlindungan gambut adalah masyarakat di sekitar Desa itu kalau menunggu orang Jakarta menunggu orang Jambi kapan akan selesainya kebakaran terjadi baru datang dari Jakarta baru datang dari Jambi itu oleh karena itu menjadi sangat penting perlindungan gambut diserahkan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Desa saya juga mendorong tadi pagi sudah dicampurkan dengan ibu Deputi gak dibales mendorong lahirnya Desa Mandiri dalam melindungi gambut panitia dalam PAD kabupaten Bapak Ibu paling tidak dalam Pak kabupaten adalah 1 minimal desa percontohan desa Mandiri dalam rangka perlindungan terhadap lahan gambut ketika kita ada percontohan ada nanti desa-desa lain memberikan apa studi-studi gak usah jauh-jauh di tetangga Desa saja gitu kalau studinya level lembaga yang lain karena kau jauh di luar negeri kita cukup di desa-desa saja supaya duit Bapak di mana adiknya nggak cepat habis karena desakan nggak seperti itu barangkali demikian Bapak Ibu sekalian terima kasih

Peserta mengikuti kegiatan sebanyak 50 orang yang terdiri dari 2 Kabupaten Tanjab Barat Dan Timur,

Kabag hukum dari 2(dua) Kabupaten, Sekdes, BPD, Tenaga Teknis fasilitator desa program Desa Mandiri Peduli Gambut

Programnya, pelatihan setiap desa dan kelurahan memiliki draf peraturan desa  atau lembaga yang mengatur perlindungan dan pemanfaatan ekosistem gambut