-->

BREAKING NEWS

Hj. Iin Kurniasi Sudirman Supervisi ke Kabupaten Merangin

Hj. Iin Kurniasi Sudirman Supervisi ke Kabupaten Merangin

 




Bangko, Jambiekspose.net - - Dinas Kominfo Provinsi Jambi - Wakil Ketua II TP PKK Provinsi Jambi Hj. Iin Kurniasih Sudirman mengunjungi Kabupaten Merangin dalam Rangka Kegiatan Supervisi dan Evaluasi TP PKK, Aula Rumah Dinas Bupati Merangin, Rabu (10/11/2021).


Wakil Ketua II TP PKK Provinsi Jambi Hj. Iin Kurniasih Sudirman Melakukan kegiatan Supervisi dan Evaluasi TP PKK Provinsi Jambi didampingi Wakil Ketua II TP PKK Kabupaten Merangin Ir. Rizmila Fajarman beserta pengurus TP PKK Provinsi dan Kabupaten Merangin.


Dalam sambutannya Hj. Iin Kurniasih Sudirman menyatakan bahwa kegiatan supervisi dan evaluasi ini sangat penting artinya karena bertujuan untuk memastikan agar TP PKK setiap jenjang sudah melaksanakan 10 program pokok PKK sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing serta berpedoman pada pengelolaan teknis tata kelola kelembagaan dan organisasi TP PKK yang diatur dalam Rakernas PKK.


"Berdasarkan hasil Rakernas IX PKK tahun 2021 mengalami beberapa penyesuaian yang cukup mendasar dalam tata kelola kelembagaan dan organisasi PKK terutama penyesuaian terhadap pandemi covid 19 dan penyesuaian terhadap era globalisasi serta pesatnya perkembangan PKK dalam tata kelola kelembagaan teknologi informasi. Perubahan yang mendasar tersebut antara lain adalah isi gerakan PKK 2021-2024 yaitu terwujudnya keluarga pelopor perubahan dalam pemenuhan SDM berkualitas melalui ketahanan ekonomi revolusi mental lingkungan hidup dan pelayanan dasar,” ujarnya.


Menurutnya, untuk mewujudkan visi tersebut diperlukan misi gerakan PKK yang memuat prioritas program gerakan PKK meliputi ketahanan ekonomi revolusi mental lingkungan hidup dan memperkuat layanan dasar serta sinergisitas dengan 10 program PKK yang dikemas dalam program unggulan TP PKK yaitu paredi, gelar Pelangi, aku hayati PKK, gagah bencana dan dukungan SIM PKK/e PKK. 


“Pada dasarnya gerakan PKK sudah memiliki fondasi yang kuat dan oleh karena dipayungi dengan Peraturan Presiden Nomor 99 tahun 2017 serta peraturan Mendagri nomor 36 tahun 2020 kedua regulasi ini menjadi pengikat kemitraan antara PKK dengan semua OPD karena hakikat 10 program PKK memiliki korelasi yang kuat dengan program pemerintah yang ada di setiap OPD" Jelasnya.


"Saya berharap gerakan PKK tetap eksis dan hadir dalam setiap situasi masyarakat baik di masa pandemi apalagi dalam kondisi normal untuk itu ayo kita terus memperkuat kapasitas kompetensi, kita ikuti semua peluang edukasi yang dilaksanakan oleh PKK pusat melalui obras kain PKK serta kegiatan internal pengurus PKK masing-masing daerah"harapnya


Mari kita terus Bergerak bersama untuk mewujudkan keluarga pelopor perubahan melalui 10 program pokok PKK. Untuk mendukung tata kelola PKK kami telah merancang sistem aplikasi dasawisma yang sudah diperkenalkan saat kegiatan roadshow beberapa waktu lalu ini adalah salah satu jawaban kita atas tulisan yang kita alami selama ini memperoleh data yang akurat dan tepat waktu.


Hj. Iin Kurniasih Sudirman juga meminta kepada kader PKK untuk mendukung aplikasi E-Dasawisma dan 

mendukung tata kelola pkk dengan e-PKk, kami telah merancang sistem aplikasinya.


"Namun kami menyadari bahwa aplikasi ini tentunya masih belum sempurna dan akan terus kita kembangkan, kita sempurnakan agar semakin mudah dan akrab penggunaannya. Selanjutnya: kami juga berharap agar TP PKK Kabupaten/Kota dapat mengupayakan dukungan operasional kepada setiap anggotanya agar lancar kelompok dasawismanya dalam melaksanakan tugas penjaringan data, pengolahan informasi. data dan penyampaian" jelasnya.


"Hari ini kami dari Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi kita akan melakukan supervisi dan evaluasi di PKK kabupaten Merangin dari Kabupaten, kecamatan sampai ke desa tujuan agar ada sinergitas dan bagaimana penerapan PKK di kabupaten sesuai dengan rakernas 9" tutupnya.


Selanjutnya tim Supervisi mengunjungi kantor kecamatan Bangko untuk mengecek Tim Penggerak PKK Kecamatan Bangko. Ketua TP PKK Kecamatan Bangko Sry Daslina Edy memaparkan keadaan TP PKK kecamatan Bangko. Lalu Hj. Iin Kurniasih Sudirman memberikan Apresiasi kepada TP PKK Kecamatan Bangko.


"Ini bagus sekali loh buk. baru sekali ini mrndengar paparan seperti ini up plus dulu untuk ibu camat. Dari ruangan ini sudah tergambar sebenarnya kegiatan-kegiatan yang tekah di lakukan oleh PKK Kecamatan dari Pokja 1, Pokja 2, Pokja 3 dan Pokja 4" ujar nya

"Artinya kegiatan tadi sudah di sampaikan dan ini merupakan daerah supervisi yang terbaik artinya. Ya mudah mudah kedepan nya menjadi contoh dari Kabupaten merangin dan juga bisa menjadi contoh dari Provinsi Jambi tentunya. 

(Waaly/photo : patra/vid : Harun)