-->

BREAKING NEWS

Asisten I Bidang Pemerintahan Secara Resmi Membuka Pendidikan Dan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru TIK SMK

Asisten I Bidang Pemerintahan Secara Resmi Membuka Pendidikan Dan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru TIK SMK

 


Foto Inro, Asisten I Bidang Pemerintahan Berikan Kata Sambutan 

Jambi, Jambiekspose.net -- Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Pendidikan menggelar kegiatan pendidikan pelatihan peningkatan kompetensi TIK bagi guru SMK.

Hal ini ditandai dengan dibuka secara resmi Asisten I Bidang Pemerintahan, Arpani Senin(11/10/2021) Hotel Abadi Suite Kota Jambi.

Turut mendampingi  Harmoni, Kasi Kurikulum SMK, dan narasumber.

Dikatakan oleh Arpani, Bahwa Pemerintah Provinsi Jambi menyambut baik atas terlaksananya kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

"Kegiatan merupakan dari UU no 14 tahun 2005, tentang guru dan dosen, diartikan Bahwa guru dan dosen harus memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik. Terutama pada program atau kompetensi keahlian multimedia da teknik komputer,"jelasnya.

"Namun kenyataannya masih banyak para guru vokasi multimedia dan tkj tadi pada smk belum menguasai apalagi memanfaatkan tik secara utuh didalam proses belajar mengajar,"ungkapnya.

Sejumlah kendala infrastruktur jaringan listrik dan telekomunikasi merintangi akses guru tik. Disisi lain sejumlah persepsi perlu diluruskan, bahwa tik tidaklah semata-mata komputer dan Internet tapi juga media informasi lainnya seperti radio dan televisi.

Akibat kemajuan teknologi dunia sudah berubah sangat cepat, UU 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional telah mengatakan bahwa pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa dan negara.

"Smk merupakan salah satu jenjang pendidikan menengah dengan mempersiapkan lulusan bisa bekerja. Oleh karena itulah guuu vokasi harus mampu melakukan perbaikan mutu yang terus menerus tanpa henti,"ucapnya. 

Peningkatan kualitas lulusan merupakan agenda prioritas pembangunan pendidikan nasional sebagaimana telah diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan

Provinsi Jambi Memiliki 175 SMK yang terdiri dari 104 negeri dan 75 swasta. Dan hari Kurikulum smk dari Dinas pendidikan menggelar kegiatan diklat guru vokasi smk se-provinsi jambi.



Foto Inro, Kasi Kurikulum SMK, Harmonis Berikan Keterangan Pers 

Ditambahkan oleh Harmonis, SMK merupakan salah satu jenjang pendidikan menengah dengan mempersiapkan lulusan bisa bekerja. Oleh karena itulah guuu vokasi harus mampu melakukan perbaikan mutu yang terus menerus tanpa hent

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan  kompetensi dari guru vokasi Program multimedia dan teknik jaringan hal ini sesuai dengan amanat Inpres 9 tahun 2016, tentang revitalisasi SMK, bahwa ada kewajiban bagi Pemeritnah Daerah untuk wajib meningkatkan kompetensi tersebut melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, "terangnya.

Hal ini sudah dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jambi melalui Kurikulum SMK telah melakukan adanya pelatihan bagi guru vokasi multimedia dan teknik jaringan.

 Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan Dsri grup vokasi multimedia dan teknik jaringan ada sebanyak 88 orang yang berasal dari kabupaten kota Provinsi Jambi. 

Untuk Narasumber pihak Dinas Provinsi Jambi mendatangkan ada sebanyak 6(enam) orang berasal dari Dosen Komputer, Ahli Media Musyawarah BPSDM Provinsi Jambi serta dari unsur dinas pendidikan.(Inro).