-->

BREAKING NEWS

Bea Cukai Berikan Fasilitas Ekspor Sementara Untuk Peralatan Militer TNI AD

Bea Cukai Berikan Fasilitas Ekspor Sementara Untuk Peralatan Militer TNI AD

 


 



Tangerang, Jambiekspose.net-- 30-09-2021 Dikutip dari Humas Bea Cukai Soekarno-Hatta memberikan fasilitas ekspor sementara terhadap 226 koli peralatan dan perlengkapan militer yang akan dibawa oleh pasukan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) ke Australia pada hari Minggu (26/09), dalam rangka latihan bersama dengan Australian Army.

Peralatan dan perlengkapan militer dengan total berat 5 ton ini terdiri dari senjata api dan aksesoris lainnya. Sebelumnya, seluruh barang telah dilakukan pemeriksaan fisik oleh petugas Bea Cukai dan didampingi langsung oleh Perwira TNI yang bertugas.  

Kepala Bidang Pelayanan dan Fasilitas Pabean dan Cukai (PFPC) II Purnomo menuturkan bahwa, terkait kegiatan ekspor ini termasuk Ekspor Barang yang akan diimpor kembali, sehingga dilakukan pemeriksaan fisik barang. Selain itu, kegiatan ekspor ini bisa mendapatkan fasilitas pembebasan atas barang reimpor, saat barang tersebut kembali ke Indonesia.

“Semua barang keperluan latihan TNI yang diekspor menggunakan pemberitahuan ekspor barang (PEB) dengan tujuan untuk diimpor kembali. Terhadap barang-barang dan perlengkapan senjata tersebut kami lakukan pemeriksaan fisik sesuai PMK 21/PMK.04/2019 tentang Ketentuan Kepabeanan di Bidang Ekspor, pengawasan barang hingga dimuat ke sarana pengangkut, dan juga termasuk barang bawaan pribadi personel yang berangkat mengikuti pelatihan,” ujar Purnomo.

Latihan Bersama TNI AD dan Australian Army merupakan kegiatan yang menjadi agenda rutin. Dilansir dari situs resmi TNI AD, sebanyak 200 personel pasukan akan menggelar latihan di Darwin, Australia yang akan dimulai 26 September 2021 sampai 4 November 2021.

Bea Cukai Soekarno-Hatta senantiasa memberikan pelayanan dan fasilitas dalam memudahkan impor maupun ekspor kegiatan pemerintahan sebagai bentuk sinergi antar instansi.