-->

BREAKING NEWS

Kota Jambi Alami Deflasi, Muaro Bungo Alami Inflasi

Kota Jambi Alami Deflasi, Muaro Bungo Alami Inflasi

 


Foto Inro, Kepala BPS Provinsi Jambi Secara Virtual Memberikan Keterangan BRS. 

Jambi,Jambiekspose.net -- Badan Pusat Statistik Provinsi Jambi menggelar kegiatan rilis Berita Resmi Statistik (BRS).

Hal ini ditandai dengan dibuka secara resmi Oleh Kepala BPS Provinsi Jambi, Drs. Wahyudin Senin(02/08/2021) diruang aula secara virtual.

Dikatakan oleh Wahyudin, Pada Bulan Juli 2021, Kota Jambi mengalami deflasi sebesar 0,21 persen dan Kota Muara Bungo mengalami inflasi sebesar 0,20 persen.

Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Jambi sebesar106,42 dan Indeks Harga Konsumen (IHK) Kota Muara Bungo tercatat sebesar 106,09.

Deflasi di Kota Jambi terjadi karena adanya penurunan indeks harga pada 5 (lima) kelompok pengeluaran yaitu kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau sebesar 0,85 persen; Perlengkapan, Peralatan dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga sebesar 0,03 persen; Kesehatan sebesar 0,01 persen; Informasi, Komunikasi, dan Jasa Keuangan sebesar 0,02 persen; serta kelompok Perawatan Pribadi dan Jasa Lainnya sebesar 0,12 persen.

Inflasi di Kota Muara Bungo terjadi pada 8 (delapan) kelompok pengeluaran karena adanya kenaikan indeks harga, yaitu kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau sebesar 0,46 persen; Pakaian dan Alas Kaki sebesar 0,05 persen; Perumahan, Air, Listrik, dan Bahan Bakar Rumah Tangga sebesar 0,23 persen; Perlengkapan, Peralatan dan Pemeliharaan Rutin Rumah Tangga sebesar 0,47 persen; Kesehatan sebesar 0,03 persen; Transportasi sebesar 0,11 Persen.  Informasi, Komunikasi, dan Jasa Keuangan sebesar 0,10 persen; serta kelompok Rekreasi, Olahraga, dan Budaya sebesar 0,08 persen ( Inro).