-->

BREAKING NEWS

Kadis PUPR Provinsi Jambi Secara Resmi Membuka Pelatihan, Pembekalan Dan Fasilitasi Uji Kompetensi TKK Bagi Ahli Madya K3 Dan Ahli Muda Jembatan.

Kadis PUPR Provinsi Jambi Secara Resmi Membuka Pelatihan, Pembekalan Dan Fasilitasi Uji Kompetensi TKK Bagi Ahli Madya K3 Dan Ahli Muda Jembatan.

 

Foto Humas Bikon.

Jambi, Jambiekspose.net -- Bertempat di Hotel Luminor Kota Jambi Selasa(03/10/2020) Dinas PUPR Provinsi Jambi menggelar kegiatan pelatihan, pembekalan dan fasilitasi uji kompetensi TKK Bagi Ahli Madya K3 Dan Ahli Muda Jembatan. 


Hal ini ditandai dengan dibuka secara resmi oleh Kadis PUPR Provinsi Jambi, Ir.M. Fauzi.Msi.


Turut mendampingi Kabid Bikon, Yazzer Arafat ST.,MT, Bambang ristianto ST, Ketua DPD A2K4,Bayu dwi samudra ST.,MA Kasi Pelaksanaan Balai jasa kontruksi wilayah 2 Palembang, Kasi Jakon PUPR Provinsi Jambi, Riyan Nopriyanto S.STP.,MH


Dikatakan M.Fauzi, Pemerintah Provinsi Jambi melalui dinas PUPR menyambut baik akan pelaksanaan kegiatan ini.


“ Kegiatan Pelatihan, Pembekalan, dan Fasilitasi Uji Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) Tingkat Ahli Madya K3 Konstruksi dan Ahli Muda Jembatan Tahun 2020 di Lingkup Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi dapat dilaksanakan dimasa pandemi Covid-19 ini,"jelasnya.


"Sesuai dengan protokol kesehatan para peserta wajib menggunakan akan masker, serta menjaga jarak,"ucapnya.


Terkhusus pada Balai Jasa Konstruksi Wilayah II Palembang yang telah berkenan membantu dan bekerjasama dengan Dinas PUPR Provinsi Jambi.

 

"Tugas Pemerintah melalui Bidang Bina Konstruksi dan Pengendalian Dinas PUPR Provinsi Jambi adalah meningkatkan kemampuan dan pengetahuan pekerja konstruksi sebagai tenaga kerja konstruksi yang profesional dan handal sehingga dapat berperan secara langsung di lapangan, agar pekerjaan konstruksi di wilayah Provinsi Jambi dapat sesuai dengan peraturan teknis dan kaidah yang berlaku, dan sebagai bentuk komitmen kami terhadap peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Provinsi Jambi pada sektor Jasa Konstruksi,"tegasnya.

Foto Humas Bikon

 Dinas PUPR Provinsi Jambi bekerjasama dengan berbagai pihak untuk melakukan percepatan sertifikasi tenaga kerja konstruksi, seperti kegiatan yang terlaksana pada hari ini. 


Ditambahakan oleh Yazzer Arafat, bahwa Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Jambi telah berhasil dan menyelenggarakan kegiatan setifikasi Tenaga Kerja Konstruksi Tingkat  Ahli sebanyak 360 orang tenaga ahli di sub kualifikasi bidang sektor jasa konstruksi dari tahun 2018 sampai dengan 2020.


Dan ditahun ini Dinas PUPR Provinsi Jambi melakukan peningkatan kapasitas SDM tenaga ahli konstruksi dengan melakukan pelatihan di tingkat Ahli Madya K3 Konstruksi dengan jumlah 20 orang peserta yang terdiri dari tenaga kerja konstruksi yang ada di provinsi jambi,"terangnya.


Sesuai dengan arahan dari kepala dinas PUPR Provinsi Jambi bahwa kegiatan ini bukan seremonial saja melainkan dapat dimanfaatkan oleh para peserta yang mengikuti kompetensi.


Dijelaskan oleh Riyan Nopriyanto, Dengan dilaksanakannya Pelatihan, Pembekalan dan Fasilitasi Uji Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) Tingkat Ahli Madya K3 Konstruksi dan Ahli Muda Jembatan diharapkan dapat menambah bekal dalam pelaksanaan pekerjaan di lapangan.


"serta menciptakan suatu komitmen untuk meningkatkan usaha jasa konstruksi dimasa yang akan datang dengan meningkatkan pengetahuan mengenai keselamatan dan kesehatan kerja (K3) maka peningkatan produktifitas dan daya saing dapat diimbangi, selain itu untuk berperan serta mendorong tumbuh kembangnya peran pengguna dan penyedia jasa,"terangnya.

 

 Dengan memberikan sarana dan fasilitasi kegiatan Pelatihan Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) di Tingkat Ahli Madya K3 Konstruksi dan Ahli Muda Jembatan dapat memberikan pemahaman dan pemantapan  terkait pentingnya mematuhi kaedah di setiap pekerjaan di sektor jasa konstruksi serta  perhatiannya dalam menerapkan K3 Konstruksi, dengan demikian dapat mencegah, mengurangi, bahkan menihilkan risiko kecelakaan kerja (zero accident). 

 

 Peserta, Kegiatan Pelatihan, Pembekalan dan Fasilitasi Uji Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) Tingkat Ahli Madya K3 Konstruksi dan Ahli Muda Jembatan berjumlah 40 peserta yang terdiri dari Ahli Madya K3 Konstruksi sebanyak 20 orang peserta dan Ahli Muda Jembatan 20 orang peserta.

 

 kegiatan ini dilaksanakan kegiatan Pelatihan, Pembekalan dan Fasilitasi Uji Kompetensi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) Tingkat Ahli Madya K3 Konstruksi dan Ahli Muda Jembatan dilaksanakan selama 6  (enam) hari pelaksanaan yang dimulai dari tanggal 02 s.d 07 November 2020. (Inro).