-->

BREAKING NEWS

Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Ekonomi Dan Pembangunan Secara Resmi Membuka Seminar DPD KPPI Jambi.

Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Ekonomi Dan Pembangunan Secara Resmi Membuka Seminar DPD KPPI Jambi.

 

Foto Inro, Ketua DPD KPPI Provinsi Jambi Memberikan Plakat Ke Staf Ahli Gubernur Jambi.  

Jambi, Jambiekspose.net -- Pemerintah Provinsi Jambi melalui Kesbangpol bekerjasama dengan DPP Kaukus Perempuan Politik Indonesia (DPP KPPI) menggelar kegiatan seminar Nasional.

Hal ini ditandai dengan dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Gubernur Jambi Bidang Ekonomi, Keuangan Dan Pembangunan, Hj. Ir. Sri Argunaini mewakili Gubernur Jambi berhalangan hadir Senin(14/09/2020) Hotel Aston Kota Jambi. 

Turut mendampingi Kaban Kesbangpol Provinsì Jambi, H. Mukti.SE, Ketua Umum DPD KPPI, Hj.Saniatul Lativa, Komisioner KPU Provinsi Jambi. Denti 

Dikatakan Sri Argunaini, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Kesbangpol menyambut atas kerjasama dengan DPD KPPI Jambi menyelenggarakan akan seminar.

Seminar yang diambil tema oleh DPD KPPI Provinsi Jambi, penguatan peran perempuan politik dalam partisipasi di pilkada serentak 2020.

"Insya Allah para peserta seminar bisa menjadi Anggota legislatif (Aleg) di 2024 untuk memenuhi kebijakan afirmasi undang-undang nomor 7 2007 tentang 30% partisipasi perempuan untuk memenuhi kuota dan didukung lagi oleh Kementerian pemberdayaan perempuan menjadi 50% "jelasnya.

"Berarti peluang diberikan untuk para perempuan semakin besar harus semakin semangat. Sesuai dengan pidato Kaban Kesbangpol bukti dan beliau sudah berbaik hati dari 1100 Ormas yang ada di provinsi Jambi ada 10 yang mendapat peluang bantuan dari provinsi, salah satunya DPD KPPI Provinsi Jambi, "ucapnya. 

Karena berapa besar jumlah perempuan yang harus tidak boleh diabaikan karena dari jumlah penduduk Indonesia maupun penduduk provinsi Jambi kaum perempuan itu seimbang mata pilihnya dengan laki-laki cuma beda tipis paling-paling 0,3%.

Peluang untuk perempuan sangat besar tinggal bagi bagaimana perempuan ini bisa memanfaatkan itu yang paling penting.

"Atas nama pemerintah Provinsi Jambi memberikan apresiasi atas terselenggaranya Seminar ini dengan harapan semoga kegiatan ini menjadi bagian dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia Provinsi Jambi khususnya dalam upaya penguatan perempuan dalam berpolitik,"ucapnya.

Foto Inro, Ketua DPD KPPI Provinsi Jambi Memberikan Kata Sambutan. 

Ditambahkan oleh Saniatul Lativa, Partisipasi perempuan dalam politik dan publik merupakan salah satu kondisi yang dibutuhkan untuk pemenuhan proses demokratisasi di Indonesia dengan harapan perempuan akan tampil sebagai pembuat kebijakan dan akan memberi kontribusi pada kesetaraan gender dalam kehidupan demokrasi.

Sudah saatnya penguatan hak politik dan pendidikan politik bagi perempuan diutamakan pendidikan politik bagi perempuan harus mempunyai arah yang jelas menuju pada kemampuan kaum perempuan yang memiliki kekuatan penyadaran akan pentingnya pembebasan kaum perempuan terhadap marjinalisasi politik.

" terhadap kaum perempuan memiliki jati diri yang kuat dalam kiprah politiknya meskipun saat ini politisi perempuan sudah mulai bermunculan namun dalam kenyataannya belum begitu besar pengaruhnya dalam memperjuangkan aspirasi nya, politisi perempuan sangat diharapkan bisa memberikan warna dan penyeimbang dalam kiprahnya di dunia politik,"terangnya.

Dengan tema yang diambil oleh DPD KPPI Provinsi Jambi, Penguatan Peran perempuan politik dalam partisipasi di pilkada serentak 2020 di tengah pandemi covid 19 kita tetap bisa melaksanakan kegiatan kita dengan menyelenggarakan seminar.

Agar DPD KPPI Provinsi Jambi untuk ikut serta membantu program pemerintah di dalam pembangunan terutama untuk sumber daya manusianya. 

KPPI, organisasi masyarakat yang bergerak di bidang pegiat politik yang mana pengurusnya adalah dari Pengurus pengurus perempuan partai politik yang peserta pemilu.

"Jadi kami ini berbagai macam warna tetapi dengan satu tujuan yaitu Bagaimana perempuan maju dan memenuhi 30% kuota yang disediakan di dalam undang-undang afirmatif di dalam pemilu, namun dengan demikian masih banyaknya perempuan yang belum bisa meraih sebagai Aleg ini Tentunya menjadi tugas kita bersama Bagaimana kuota 30% ini bisa tercapai apalagi dari Kementerian PPA sudah menyampaikan untuk di 2024 50%,"tegasnya.

"Untuk Provinsi Jambi sudah mulai bagi kaum perempuan ingin maju dalam pilkada serentak salah satunya dari Kader Golkar yang maju pilkada daerah kabupaten Batang Hari, maju sebagai calon bupati, dari KPPI sangat mendukung penuh,"katanya.

Foto Inro, Kaban Kesbangpol Provinsi Jambi Berfoto Bersama Dengan Ketua DPD KPPI Provinsi Jambi.

Dijelaskan oleh Mukti Said, Pada kesempatan ini berharap agar organisasi kemasyarakatan dapat menjadi motor penggerak bagi terlaksananya suasana kondusif dalam pembangunan di Provinsi Jambi. Mari kita jaga dan pelihara suasana yang selama ini aman, tentram, dan damai di bumi Sepucuk Jambi Sembilan Lurah.

Sebagai mitra Pemerintah tentu nya kita harus bersinergi dalam mewujudkan Jambi Tuntas 2021..

"saya juga mengucapkan apresiasi Sebagai Fasilitator atas terselenggara nya kegiatan ini. kegiatan kerjasama ini bertujuan untuk mengoptimalkan penyelenggaraana pemerintahan dan sinergisitas antara pemerintah provinsi jambi dengan organisasi,"ucapnya.


Organisasi Kemasyarakataan merupakan salah satu pendorong dinamika sosial dan politik masyarakat. Dalam situasi politik Indonesia, organisasi kemasyarakatan boleh jadi tidak lagi diposisikan sebagai kekuatan penentang pemerintah, melainkan sesuai dengan namanya sebagai penganjur keswadayaan, berperan sebagai pelopor masyarakat sipil yang masih perlu penguatan. (Inro).


Untuk itulah, dalam menyelaraskan fenomena Organisasi Kemasyarakatan tersebut harus disikapi dengan suatu peraturan perundang-undangan yang akomodatif terhadap

keberadaan dan optimalisasi peran, fungsi, serta

pengawasan yang profesional dan proposional terhadap pemerintah.