-->

BREAKING NEWS

Pj Sekda Provinsi Jambi Menyerahkan Hadiah Lomba Perpustakaan Dan Kepustakawanan Tingkat Provinsi Serta Tingkat Nasional.

Pj Sekda Provinsi Jambi Menyerahkan Hadiah Lomba Perpustakaan Dan Kepustakawanan Tingkat Provinsi Serta Tingkat Nasional.

 

Foto Inro, Pj Sekda Provinsi Jambi Serahkàn Trophy dan Piagam Pada Siswa Pemenang Lomba Bercerita Tingkat Provinsi Jambi dan Nasional. 

Jambi, Jambiekspose.net -- Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas BPAD menyelenggarakan kegiatan penyerahan lomba perpustakaan dan Kepustakawanan Tingkat Provinsi Jambi. 


Hal ini ditandai dengan dibuka secara resmi oleh Pj. Sekda Provinsi Jambi, H. Sudirman,SH.MH Kamis(17/09/2020) Grand Hotel Kota Jambi. 


Turut mendampingi Kepala BPAD Provinsi Jambi, H. Syamsurijal,SE.MSi serta Para Kepala Perpustakaan Se-Kabupaten Kota Jambi.


Dikatakan oleh Sudirman, Pemerintah Provinsi Jambi menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada dinas perpustakaan dan arsip daerah Provinsi Jambi atas terselenggaranya kegiatan berbagai lomba di provinsi Jambi.


"Kegiatan yang dilaksanakan oleh dinas BPAD Provinsi Jambi yang pertama lomba bercerita bagi siswa-siswi Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah tingkat Provinsi Jambi yang kedua lomba perpustakaan umum desa atau kelurahan terbaik tingkat Provinsi Jambi yang ke-3 lomba pemilihan pustakawan berprestasi terbaik di tingkat provinsi Jambi yang keempat lomba perpustakaan sekolah lanjutan tingkat atas,"urainya.


Seemoga melalui kegiatan ini dapat meningkatkan komitmen semua dalam pengembangan perpustakaan serta meningkatkan minat baca masyarakat di provinsi Jambi ke depannya.


Bangsa yang besar adalah bangsa generasi penerusnya mempunyai karakter yang dibentuk melalui pola pendidikan baik pendidikan formal maupun pendidikan non-formal yang mengacu pada pembelajaran peningkatan moral dan intelektual keterampilan serta kreativitas dengan melibatkan peranan keluarga sekolah maupun masyarakat dalam upaya menumbuhkembangkan kegemaran membaca pada anak-anak sejak usia dini. 


Khususnya di provinsi Jambi amanat ini dipertegas oleh undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang perpustakaan Bahwa dalam rangka meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa perlu ditumbuhkan budaya Gemar Membaca melalui pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan sebagai sumber informasi.


"di sini pemerintah berkewajiban mengembangkan sistem nasional perpustakaan dan menjamin kelangsungan penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan sebagai pusat sumber belajar masyarakat dan menjamin ketersediaan layanan perpustakaan secara merata di tanah air,"ucapnya.


Ditambahkan oleh Syamsurijal, Tujuan dari penyelenggaraan Lomba-lomba

Perpustakaan ini, meningkatkan kinerja mutu pengelolaan Perpustakaan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) negeri termasuk SLTA kedinasan dan Swasta (Lomba Perpustakaan SLTA).


"Meningkatkan motivasi, inovasi dan etos kerja Pustakawan (Lomba Pustakawan Berprestasi). Memotivasi peningkatan kinerja perpustakaan umum desa/kelurahan dalam melayani dan memenuhi kebutuhan informasi bagi masyarakatpedesaan (Lomba Perpustakaan umumdesa/kelurahan),"Jelasnya.


Menumbuh kembangkan kegemaran membaca anak-anak serta kecintaan terhadap karya budaya bangsa melalui berbagai bacaan atau buku (Lombabercerita Bagi Siswa-siswi SD/MI)


Sasaran dari kegiatan Lomba-lomba ini adalah SLTA, Desa/Kelurahan dan Siswa-siswi SD/MI serta Pustakawan/PengelolaPerpustakaan yang ada di Provinsi Jambi.


Inilah Nama-nama Pemenang Lomba 

Kategori Siswa SD/MI Bercerita Tingkat Provinsi Jambi, Juara Pertama, Rifhan Hijazi, Juara Kedua, Najwa Maidina, Juara Ketiga, Nicola Rabbani.


Kategori Lomba Perpustakaan Tingkat SMA,MA,SMK Se-provinsi Jambi, Juara Pertama, SMA 1 Kota Jambi, Juara Kedua, SMKN 1 Kota Jambi, Juara Ketiga, Kabupaten Bungo.


Kategori Lomba Pustakawan Terbaik, Juara Pertama Univeristas Adiwangsa, Juara Kedua, UIN SUTHA Jambi, Juara Ketiga, STIKES Baiturahhim.


Kategori Lomba Perpustakaan Umum.Desa Atau Kelurahan Se-provinsi Jamb, Juara Pertama, Desa Terjun Gajah, Tanjabbar, Juara Kedua, Desa Keluru, Kabupaten Kerinci, Juara Ketiga, Desa Muaro Singoan, Kabupaten Batang Hari. (Inro)