-->

BREAKING NEWS

Deputi Bidang Advokasi Dan Informasi Secara Resmi Membuka Finalis Duta Genre.

Deputi Bidang Advokasi Dan Informasi Secara Resmi Membuka Finalis Duta Genre.

 

Foto Inro, Deputi Bidang Advokasi Dan Informasi Secara Simbolis Kegiatan Pemilihan  Duta Genre Akan Dilaksanakan.

Jambi, Jambiekspose.net -- Kamis(10/09/2020 bertempat di Shang Ratu Hotel Kota Jambi BKKBN Perwakilan Provinsi Jambi menggelar kegiatan pemilihan Finalis duta genre.


Hal ini ditandai dengan dibuka secara resmi oleh Deputi Advokasi dan Informasi, H Nofrizal.SP.MA.


Turut mendampingi Kepala Perwakilan BKKBN Provinsì Jambi, Munawar Ibrahim, Ketua Genre, serta para kabid.


Dikatakan oleh Nofrizal, Program GenRe adalah program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang Pendewasaan Usia Perkawinan sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.


"Program GenRe merupakan wadah untuk mengembangkan karakter bangsa karena mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Seks Pra Nikah dan NAPZA guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa," jelasnya.


"Untuk mencapai tujuan diatas, maka di dalam program GenRe dikembangkan materi-materi diantaranya adalah Kesehatan Reproduksi Remaja, Life Skill, Penyiapan Kehidupan Berkeluarga, serta Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. Program GenRe dilaksanakan melalui pengembangan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja sesuai dengan kecenderungan remaja yang lebih menyukai bercerita tentang permasalahannya dengan teman sebaya," urainya.


Pada saat ini, PIK Remaja berjumlah sekitar 23.579 tersebar di 34 Provinsi yang diharapkan menjadi wadah bagi remaja untuk berkumpul, berbagi cerita, berkreatifitas dan saling tukar informasi. 


PIK Remaja dikembangkan melalui jalur pendidikan dan masyarakat. Jalur pendidikan meliputi sekolah, perguruan tinggi, dan pesantren. 


"Di jalur masyarakat diantaranya melalui organisasi kepemudaan, organisasi keagamaan, dan komunitas remaja. Kedua jalur tersebut merupakan sasaran yang penting untuk mendekati komunitas remaja," ucapnya.


Melalui program tersebut, dapat meningkatkan kualitas para pengelola dan pelaksana dalam memberikan akses informasi, pendidikan dan konseling bagi remaja di daerah ini. 


Dan dapat memberikan ruang bagi kelompok pendidik dan konselor sebaya untuk dapat mengekspresikan kreativitas dalam memberikan informasi, pendidikan dan konseling.

Foto Inro, Deputi dan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsì Jambi Berfoto Bersama Dengan Para finalis Duta Genre 2020.

Ditambahkan Munawar Ibrahim, pembinaan ketahanan remaja melalui program GenRe merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka menekan peristiwa perkawinan anak dan kehamilan pada remaja. 


Program GenRe dimplementasikan melalui pemberdayaan teman sebaya (peer group) dan penguatan pengasuhan (parenting) keluarga agar remaja mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, dan menikah dengan penuh perencanaan sesuai fase reproduksi sehat.


Duta GenRe, dijelaskan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsì Jambi adalah sebuah wadah untuk mengembangkan pembentukan karakter bangsa yang harapannya dapat menyebarkan virus kebaikan yang berkaitan dengan generasi berencana di kalangan generasi muda secara menyeluruh. 


Dan, GenRe adalah remaja/mahasiswa yang memiliki pengetahuan, bersikap dan berperilaku sebagai remaja/mahasiswa, untuk menyiapkan dan perencanaan yg matang dalam kehidupan berkeluarga.


Untuk itulah Provinsi Jambi menggelar kegiatan pemilihan duta genre 2020, dan hari ini sudah terpilih duta genre jambi ada sebanyak 30 orang, 15 orang putra, dan 15 orang putri.


" 30 orang finalis ini disaring melalui penjurian dengan sistem online dikarenakan masa pandemi Covid-19 dan hari ini dilaksanakan dengan tatap muka,"ungkapnya.


Para finalis ini akan Apresiasi Duta Genre Dalam Rangka Anugerah Kencana Tingkat Provinsi Jambi.(Inro).