-->

BREAKING NEWS

Kakanwil Kemenkumham Jambi Buka Rakor Pembinaan Masyarakat Mengenai Pelaksanaan UU No 11 tahun 2012 Sistem Peradilan Anak.

Kakanwil Kemenkumham Jambi Buka Rakor Pembinaan Masyarakat Mengenai Pelaksanaan UU No 11 tahun 2012 Sistem Peradilan Anak.
Foto Inro, Kakanwil Kemenkumham Jambi Berikan Kata Sambutan 


Kota Jambi, Jambiekspose.net - Kamis(06/08/2020) Bertempat di Odua Weston Kota Jambi diadakan kegiatan Rapat Koordinasi Pembinaan Masyarakat Mengenai Pelaksanaan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak. 

Hal ini ditandai dengan dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kemenkumham Jambi, M. Jahari Sitepu.

Dikatakan M. Jahari Sitepu, maksud diselenggarakannya rapat koordinasi ini adalah dalam rangka Koordinasi antara Aparat Penegak Hukum dan pemangku kepentingan terkait dalam penanganan Anak Berhadapan dengan Hukum serta sosialisasi kepada masyarakat terkait Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) sebagaimana diatur dalam undang-undang No 11 Tahun 2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA).

"Prinsip perlakuan khusus bagi anak yang berhadapan dengan hukum di implementasikan melalui UU No 11 Tahun 2012 tentang sistem peradilan anak,"jelasnya.

"SSubstansi yang diatur dalam UU ini, pertama, penempatan anak yang menjalani proses peradilan dapat ditempatkan di lembaga pembinaan khusus anak (LPKA).Kedua, pengaturan secara tegas terhadap keadilan restoratif dan diversi menjauhkan anak dari proses peradilan sehingga dapat menghindari stigmatisasi terhadap anak yang berhadapan dengan hukum serta diharapkan anak dapat kembali kedalam lingkungan sosial secara wajar.
Ketiga,peran serta semua pihak dalam rangka mewujudkan keadilan restoratif, baik bagi anak sebagai pelaku maupun anak sebagai korban,"urainya.

Ditambahkan oleh Agus Mulyono, Kabid Pembinaan Kanwil Kemenkumham Provinsi Jambi, dengan mengambil tema optimalisasi peran serta masyarakat dalam pelaksanaan UU no 11 Tahun 2012.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 1(satu) hari dan diikuti peserta ada sebanyak 50 orang dengan narasumber, Slamet Prihantoro, Direktur bimbingan masyarakat dan pengentasan anak, Dirjen Pemasyarakatan Jakarta, Dalmanto, Kabid Rehabilitasi Sosial, Dinsos Dukcapil Jambi, Dr.Kasianus Telaumbanua,SH.MH, Pengadilan Tinggi, AKBP Iwan Sayuti Achmad,SE, Polda Jambi, Yuriswandi, Kajati Jambi, Prof.H.Abdul Baru.SH.MH.PhD, UNJA.