-->

BREAKING NEWS

Kadis PUPR Provinsi Jambi Secara Resmi Membuka Pelatihan Pembekalan Dan Uji Sertifikasi TKK Tingkat Ahli Bangunan Gedung Dan Ahli K3 Kontruksi.

Kadis PUPR Provinsi Jambi Secara Resmi Membuka Pelatihan Pembekalan Dan Uji Sertifikasi TKK Tingkat Ahli Bangunan Gedung Dan Ahli K3 Kontruksi.
Foto Inro, Kadis PUPR Provinsi Jambi Berikan Alat Perlengkapan Kerja Lapangan Secara Simbolis.

Jambi,Jambiekspose.net -- Pemerintah Provinsi Jambi melalui dinas PUPR menggelar kegiatan pelatihan pembekalan dan uji sertifiķasi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) Tingkat Ahli Bangunan Gedung Dan Ahli K3 Konstruksi.

Hal ini ditandai dengan dibuka secara resmi Kadis PUPR Provinsi Jambi, Ir. M.Fauzi MT Senin(09/03/2020) Hotel Abadi Suite Kota Jambi.

Turut mendampingi mewakili Kepala Balai Jasa Konstruksi wilayah II Palembang, Chandra Permana,ST, Kabid Bikondal, Yazzer Arafat,ST.MT.

dikatakan oleh M.Fauzi, Mewakili Pemerintah Provinsi Jambi mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah terlibat dalam proses penyelenggaraan kegiatan ini hingga dapat terlaksana.

"Proses kegiatan ini merupakan amanah dari pada undang-undang nomor 2 tahun 2017 yang menyatakan bahwa kewenangan pemerintah daerah provinsi Jambi pada sub-urusan jasa konstruksi meliputi penyelenggaraan pelatihan tenaga ahli konstruksi,"jelasnya.

Pembangunan suatu bangsa bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Untuk itu pembangunan membutuhkan pendekatan yang tepat guna menghasilkan pertumbuhan disertai pemerataan pembangunan dalam hal ini dipertegas bahwa infrastruktur diperlukan.

 "Bukan hanya saja untuk meningkatkan daya saing demi mendorong lebih banyak kegiatan investasi dan produksi serta perdagangan tetapi juga untuk mempercepat pemerataan pembangunan sehingga tingkat kemiskinan dan pengangguran dapat diturunkan,"ucapnya.

"Oleh karena itu di tengah semakin pesatnya pembangunan infrastruktur di daerah tenaga kerja konstruksi dituntut untuk lebih ahli dalam melaksanakan pekerjaannya. Seorang tenaga ahli merupakan faktor penting bagi terjaminnya kualitas infrastruktur jadi pada hari ini kita menuju ke sana,"katanya.

Untuk itulah dinas PUPR Provinsi Jambi melalui kabid Bikondal menggelar kegiatan pelatihan yang bertujuan untuk diberikan sertifikasi dan mengurangi dampak negatif.

Sehubungan itu Pemerintah Provinsi Jambi melalui PUPR sering mengadakan pelatihan untuk bagi tenaga ahli jasa konstruksi gedung dan ahli k3.

Perlu diperhatikan permasalahan tenaga kerja pada sektor tenaga kerja pada jasa konstruksi yaitu kurangnya sumber daya manusia.

Ditambahkan oleh Chandra Permana, Kehadiran Balai Jasa Konstruksi wilayah II Palembang pada kegiatan ini merupakan upaya bersama kita dalam melakukan kerja nyata pembinaan
konstruksi.

"untuk mengawal proses percepatan
pembangunan yang saat ini terus digalakkan pemerintah di seluruh wilayah Indonesia dan dapat memberikan kontribusi yang nyata dan positif dalam menjawab tantangan pembangunan infrastruktur yang berdaya saing
dan berkelanjutan,"ucapnya.

Sektor infrastruktur saat ini tetap menjadi fokus
pembangunan pada periode ke-Il pemerintahan di era Presiden Joko Widodo. Pembangunan infrastruktur yang diutamakan dan lebih penting dikarenakan bisa mempercepat adanya akses serta bisa meningkatkan akan perekonomian masyarakat.

"Dirjen Bina Konstruksi selaku pembina jasa
konstruksi nasional, harus mendukung tugas pembangunan tersebut dengan memfokuskan kegiatannya pada lokus-lokus program prioitas strategis nasional tersebut,"terangnya.

Fokus pembinaan konstruksi ke depan diantaranya peningkatan SDM konstruksi yang kompeten dan bersertifikat dengan pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja konstruksi serta
vokasi Tidak hanya jumiah namun juga kualitas
penyelenggaraan perlu menjadi perhatian, sehingga dukungan pelatihan dan sertifikasi terhadap instruktur dan asesor serta pemutakhiran SKKNI dan modul menjadi fokus pembinaan ke depan

"Selain itu dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur yang mendukung pemberdayaan sumber daya jasa konstruksi lokal di daerah agar terciptanya efisiensi dan efektivitas pembangunan, diperiukan pemetaan ketersediaan dan kebutuhan data dan informasi sumber daya jasa konstrusi, yang terdiri dari data tenaga keria konstruksi, badan usaha jasa konstruksi serta material dan peralatan konstruksi Ke depannya, Ditjen Bina Konstruksi
melalui balai jasa Konstruksi Wilayah, akan melakukan pengumpulan data Sumber Daya Jasa Konstruksi,"ujarnya .
Foto Inro, Kabid Bikondal PUPR Provinsi Jambi.

Yazzer arrafat menjelaskan, Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan ini tentunya kita mengharapkan melalui kegiatan ini dapat meningkatkan jumlah tenaga bangunan gedung dan tenaga ahli K3 konstruksi yang bersertifikat competent yang unggul dan tangguh di provinsi Jambi.

"Guna mendukung terciptanya infrastruktur yang berkualitas di provinsi Jambi,"jelasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 6(enam) hari mulai dari tanggal 9 sampai 14 Maret 2010 bertempat di hotel Abadi suite Kota Jambi.

"Jumlah peserta pelatihan terdiri dari 40 orang yang dibagi atas dua kelas kelas pertama 20 orang yaitu untuk ahli bangunan gedung dan 20 orang untuk ahli K3 konstruksi narasumber dan asesor narasumber dan terdiri dari praktisi dosen dan dari Kementerian pupr sedangkan asesor berasal dari lpjk provinsi Jambi,"urainya.

 Metode pelaksanaan kegiatan pelaksanaan kegiatan ini melalui paparan materi oleh narasumber dan posttest oleh narasumber ujian observasi lapangan studi kasus dan asesmen.