-->

BREAKING NEWS

Kabid Pengelolan DAS Dan Hutan Lindung Provinsi Jambi Secara Resmi Membuka Rakor Progres Pelaksanaan Kegiatan RHL 2019 Dan Rencana Kegiatan 2020.

Kabid Pengelolan DAS Dan Hutan Lindung Provinsi Jambi Secara Resmi Membuka Rakor Progres Pelaksanaan Kegiatan RHL 2019 Dan Rencana Kegiatan 2020.
Foto Humas BPDASHL Batanghari Provinsi Jambi.

Jambi,Jambiekspose.net  -- Dinas Kehutanan Provinsi Jambi melalui BPDASHL menggelar kegiatan Koordinasi dalam rangka progres pelaksanaan kegiatan rhl tahun 2019 dan rencana kegiatan tahun 2020.

Hal ini ditandai dengan dibuka secara resmi
Bambang Yulisman, S.Hut.MAP mewakili Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jambi berhalangan hadir Kamis(31-3/11/2019) Hotel Luminor Kota Jambi

Turut mendampingi Ka.Balai BPDASHL Provinsì Jambi, Drs. Sam Karya Nugraha.M.Si, Nova Dewi S.hut., M.A.P.

Dikatakan oleh Bambang Yulisman, Perencanaan dan pelaksanaan Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) harus dilaksanakan dengan melibatkan berbagai pihak.

"Para pelaku RHL berasal dari pemerintah, baik pusat dan daerah, juga pihak korporasi dan tentunya masyarakat,"jelasnya.

Khususnya bagi Pemerintah Provinsi Jambi melalui dinas kehutanan menyambut baik akan keinginan dari BPDASHL membuat langkah kerja untuk tahun depan.

"Walaupun hanya menyisakan beberapa bulan lagi ternyata BPDASHL Batanghari Provinsi Jambi telah melakukan terobosan dalam program kerja 2020,"ujarnya.

Ditambahkan oleh Sam Karya Nugraha, kegiatan rakor ini pertama, untuk mengevaluasi kegiatan RHL 2019 serta melakukan langkah cepat dalam menyongsong program kerja 2020.

"Dalam arti bahwa dinas BPDASHL Provinsi Jambi sudah memikirkan langkah kerja, atau mencuri start dalam kegiatan 2020 bisa berhasil dan berjalan dengan baik,"katanya.

dampak-dampak buat pemerintah daerah setempat yaitu pertama selain meningkatkan tutupan lahan,  berupa lahan-lahan kritis juga harus meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kedua, menciptakan lapangan pekerjaan, ketiga, juga mengentaskan akan kemiskinan pada masayarakat.

"BPDASHL Batanghari Provinsi Jambi berharap dukungan dukungan dari seluruh multi-stakeholder bukan hanya stakeholder yang bergerak di bidang kehutanan tapi yang bergerak di bidang lain seperti di Bappeda, Dinas Perdagangan,"katanya.

karena melakukan penanaman atau melakukan rehabilitasi ini kan pasti ada hasilnya salah satu hasilnya itu yaitu dari tanaman itu menghasilkan buah-buahan kita memerlukan pasar-pasar.

"Bagaimana supaya hasilnya ini ada yang menampung pasarnya itu bukan pasar gelap tapi pasar ya memang pasar legal.

Dari hasil dari masyarakat tadi bisa meningkatkan pendapatan masyarakat secara ekonomi, contohnya ada beberapa dari kelompok tani sudah sampai umroh,"tegasnya.

Dijelaskan oleh Nova Dewi S.hut., M.A.P. Rapat Koordinasi RHL ini dimaksudkan untuk identifikasi dan sinkronisasi berbagai kegiatan di pemerintah pusat dan daerah, serta para masyarakat.

Kegiatan ini diikuti oleh 85 orang peserta, yang terdiri dari Kepala Dinas LHK Provinsi yang juga merupakan wakil pemerintah daerah, Kepala Balai.

Melalui Rapat Koordinasi ini, diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dan sinergi pemerintah pusat dan derah dan mendorong performa pelaksanaan RHL yang signifikan untuk 2020 mendatang.(Inro).