-->

BREAKING NEWS

Asisten III Administrasi Umum Kabupaten Muaro Jambi Secara Secara Resmi Membuka Rakor TIK Tahap II Program Inovasi Desa. 

Asisten III Administrasi Umum Kabupaten Muaro Jambi Secara Secara Resmi Membuka Rakor TIK Tahap II Program Inovasi Desa. 

Foto Inro, Asisten III bidang administrasi umum berikan kata sambutan.

Jambi,Jambiekspose.net -- Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi melalui dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa menggelar Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Tahap II Program Inovasi Desa (PID) Kabupaten Muaro Jambi Tahun Anggaran 2019.

Hal ini ditandai dengan dibuka secara resmi oleh Asisten III bidang administrasi umum mewakili Bupati Muaro Jambi yang berhalangan hadir, Junaidi,SP.ME Jumat(15/11/2019) Hotel Ceria Kota Jambi.

Turut Mendampingi Kadis PMD Kabupaten Muaro Jambi, Raden Najmi, kabid PEKP ,Damankhuri

Dikatakan oleh Junaidi, melalui undang-undang 2014 tentang desa telah mengatur bahwa pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa ditempuh melalui upaya pendampingan.

"pendampingan menjadi salah satu langkah penting yang harus dilakukan untuk percepatan pencapaian kemandirian dan kesejahteraan masyarakat di desa,"jelasnya.

Program Inovasi Desa (PID) merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk mewujudkan Nawa Cita dalam RPJMN 2015 – 2019.

PID dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas Desa sesuai dengan UU No. 6/2014 tentang Desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan Desa secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing.

Ditambahkan Raden Najmi, PID merupakan bagian dari keseluruhan program yang dilaksanakan oleh Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

"Pelaksanaan Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (Rakor TIK) mencakup didalamnya program – program dalam lingkup besar pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) yaitu program pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD), Program Pengembangan Ekonomi Lokal (PEL) dan Program Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM),"jelasnya.

"pembangunan masyarakat desa secara efektif dan efisien Maka setiap pelaku program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa dari aspek kewenangan yang sesuai menteri melalui permendesa nomor 16 tahun 2018 tentang pengembangan produk unggulan desa dan kawasan pedesaan,"ujarnya.

Tujuan pelaksanaan Rakor Tim Inovasi Kabupaten Program Inovasi Desa, pertama, Melakukan analisa dan evaluasi pelaksanaan seluruh tahapan kegiatan Program Inovasi Desa; Sosialisasi dan diseminasi pokok- pokok kebijakan Program Inovasi Desa; kedua, Melakukan review tahapan perencanaan dan penganggaran desa tahun 2019 menyangkut pemecahan, ketiga, masalah kendala termasuk menyusun strategi replikasi inovasi desa dalam perencanaan penganggaran desa; keempat, Sosialisasi Kegiatan Inovasi Bidang Infrastruktur dan Sosialisasi Kegiatan Inovasi Bidang Sumber Daya Manusia (Stunting), kelima, Sosialisasi Kegiatan Inovasi Bidang Kewirausahaan / Ekonomi serta Pengendalian dan konsolidasi Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL).

Dijelaskan Damankhuri, rakor ini dilaksanakan merupakan bagian dari upaya peningkatan koordinasi, pembinaan, dan pengendalian pelaksanaan seluruh tahapan kegiatan program.

Kegiatan Rakor ini diikuti peserta sebanyak 95 orang terdiri dari utusan perwakilan tim inovasi kabupaten Muaro Jambi, tenaga ahli pendamping, lembaga swasta, pendamping desa, pendamping lokal desa dan tim pengelola inovasi desa se-kabupaten Muaro jambi serta dilaksanakan selama 2(dua) Hari.(Inro).