-->

BREAKING NEWS

Walikota Kota Jambi Secara Resmi Membuka Bimtek SAKIP .

Walikota Kota Jambi Secara Resmi Membuka Bimtek SAKIP .
Foto Inro, Walikota Jambi, Wawako Jambi  serta Sekda Mendampingi Berikan Keterangan Pers.


Jambi, jambiekspose.net--Pemerintah Kota Jambi melalui Bappeda menggelar kegiatan bimbingan teknis SAKIP bagi kalangan OPD.

Hal ini ditandai dengan dibuka secara resmi oleh Walikota Jambi, DR.Syarif Fasha Senin(14/10/2019) ruangan aula Bappeda Kota Jambi.

Turut mendampingi Wakil Walikota Jambi, Dr.dr.H.Maulana. MKM, Sekda Kota Jambi, Budidaya, Kepala Bappeda Kota Jambi, Plt. Fahmi, IRBAN 2 Wilayah IV Inspektorat Kota Bandung, Medi Mahendra,.AP.S.Sos,M.Si.

Dikatakan oleh Syarif Fasha, Kegiatan pelaksanaan SAKIP di lingkungan OPD Pemerintah Kota Jambi merupakan pertemuan beberapa kali.

"Kegiatan ini merupakan komitmen dari selaku Walikota Jambi beserta jajaran dalam upaya peningkatan akuntabilitas kinerja,"ujarnya.

Pemerintah Kota Jambi juga mendatangkan narasumber dari Inspektorat Kota Bandung, merupakan pakar implementasi SAKIP bagi Kabupaten Kota Se-Indonesia.

"Narasumber ini juga menyampaikan hibah aplikasi e-SAKIP Pemerintah Kota Bandung kepada pemerintah Kota Jambi guna penguatan sistem akuntabilitas kinerja,"jelasnya.

Foto Inro, Penandatangan Komitmen Bersama Walikota Jambi Sampai Unsur Camat.

Beberapa waktu lalu saat berkunjung ke Kemenpan RB, ada tiga hal yang harus dilaksanakan Pemkot Jambi agar kualitas SAKIP kita meningkat dari B menjadi BB atau A, yaitu penggunaan aplikasi IT dalam implementasi SAKIP,.

Tapi tentu yang lebih penting, keseriusan dan kesungguhan para Kepala OPD untuk memahami subtansi dari SAKIP itu sendiri Saya tidak mau mendengar lagi Kepala OPD tidak mengetahui Sasaran Strategis OPD yang dipimpinnya, tidak faham dengan tujuan dan indikator tujuan OPDnya.

Demikian halnya dengan pejabat dibawahnya secara cascading harus faham betul dengan sasaran dan indikator program, output dan hasil kegiatan.

Pelatihan pendampingan terkait dengan sistem akuntansi laporan yang kita kenal dengan SAKIP dan juga SAKIPyang memang ini menjadi selalu menjadi permasalahan pemerintah daerah dan alhamdulillah kami mendapat bantuan bimbingan dari Pak Medi langsung yang beliau adalah salah satu ASN di Pemerintah Kota Bandung yang memang sudah berkecimpung lama membuat sistem ini juga aplikasi ini,"terangnya.

sehingga aplikasi ini bisa terpakai secara nasional dan ini memudahkan kami juga untuk melaksanakan proses input data sampai dengan melihat bagaimana terkait dengan pelaporan 5 tahun belakangan maupun 5 tahun kedepan.

"Dan setiap OPD maupun pejabatnya tidak memberikan dalam RKA nanti dalam APBD tahun kedepan berupa copy paste, di Tahun 2020 ke depan Pemerintah Kota Jambi akan mengedepankan pada SDM,"tegasnya.(Inro).