-->

BREAKING NEWS

Staf Ahli Gubernur Jambi Secara Resmi Membuka Peningkatan Kapasitas Perempuan Anggota DPRD Terpilih Provinsi Dan Kabupaten Kota Hasil Pemilihan Umum 2019.

Staf Ahli Gubernur Jambi Secara Resmi Membuka Peningkatan Kapasitas Perempuan Anggota DPRD Terpilih Provinsi Dan Kabupaten Kota Hasil Pemilihan Umum 2019.
Foto Inro, Staf Ahli Gubernur Peningkatan Kapasitas Perempuan Anggota DPRD DPRD Terpilih Provinsi Dan Kabupaten Kota Hasil Pemilihan Umum.

Jambi--Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak menggelar kegiatan peningkatan kapasitas perempuan anggota DPRD terpilih Provinsì dan Kabupaten kota hasil pemilihan umum 2019.

Hal ini ditandai dengan dibuka secara resmi oleh
Staf ahli bidang kemasyarakatan dan SDM Provinsì Jambi, Ahmad Bastari Senin(14/10/2019) Hotel Swisbel Kota Jambi.

Turut mendampingi Asdep KG Bidang Politik,Hukum dan Hankam, Rr. Endah Sri Rejeki Kadis pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak Provinsi Jambi, Lutphiah,

Dikatakan oleh Ahmad Bastari, bahwa peran dan fungsi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Paradigma baru pembangunan sekarang ini justru memberikan tempat yang paling depan kepada masyarakat untuk mengembangkan kreatifitas dirinya dalam berbagai aspek kehidupan,"jelasnya.

pembangunan daerah Provinsi Jambi, sudah saatnya badan legislatif untuk dapat berperan lebih aktif dan menjadi mediator antara masyarakat dan pemerintah.

"Dalam pembangunan budaya demokrasi, maka peningkatan kapasitas perempuan anggota legislatif menjadi sangat penting,"ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan fungsi dari perempuan anggota legislatif dalam mengintegrasikan gender dari proses perencanaan, penyusunan, pelaksanaan pemantauan hingga evaluasi.

"Kegiatan ini merupakan wujud nyata intervensi pemerintah dalam mengawal kebijakan farmasi terhadap perempuan di bidang politik.

Ditambahkan Roro Endah Sri Rejeki, Kita patut bersyukur keterwakilan perempuan di lembaga legislatif nasional atau DPR RI hasil pemilu 2019 meningkat Dari 17,302% pada tahun 2014 menjadi 20,502% tahun 2019.

"untuk DPD atau Dewan Perwakilan Daerah keterwakilan perempuan Bahkan mencapai 30, 14% meningkat dari 25,74% hasil Pemilu tahun 2014 Bagaimana di provinsi Jambi di provinsi Jambi keterwakilan perempuan di DPRD juga meningkat dari 36 orang atau 9,4% dari total 384 anggota pada tahun 2014 menjadi 53 orang atau 12,4% dari total 430 anggota pada pemilu tahun 2019,"jelasnya.

" walaupun belum signifikan ada peningkatan sebesar 3% Mengapa keterwakilan ibu-ibu atau keterwakilan perempuan di Legislatif itu sangat penting Kenapa kami Kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak sangat berkepentingan dengan adanya perwakilan dari perempuan di legislatif Mengapa yaitu untuk mengawal kebijakan kebijakan publik yang pro perempuan dan anak untuk mengatasi kasus kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak perdagangan perempuan dan anak yang masih memprihatinkan kemiskinan dan ketertinggalan,"jelasnya.

perempuan di berbagai bidang pembangunan perempuan di parlemen dapat memacu peningkatan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan gender yang inklusif yang ditandai dengan peningkatan indeks pembangunan gender dan indeks pemberdayaan gender atau IDG guna mengejar ketertinggalan dari negara-negara lain.

 ketertinggalan perempuan di berbagai bidang pembangunan di Indonesia telah menarik turun indeks pembangunan manusia Indonesia sehingga saat ini IPM Indonesia masih berada pada ranking 116 dari 189 negara menurut UNDP, tahun 2018 posisi ini berada di bawah negara-negara tetangga seperti Thailand yang berada di ranking 83 kemudian Malaysia berada di rangking 57 dan kalau Singapura Itu sudah pasti tahu bahwa ranking Singapura sangat tinggi ada berada di ranking 9.

menurut WHO tahun 2018 untuk meningkatkan IPM Indonesia maka IPM perempuan harus ditingkatkan sehingga IPG dan IBG nya juga meningkat untuk meningkatkan idege salah satunya adalah dengan mendorong peran aktif perempuan di parlemen.