-->

BREAKING NEWS

Kadis Disperindag Provinsi Jambi Secara Resmi Membuka Sosialisasi Penganugerahan Penghargaan Upakarti Dan Indonesia Good Design Selection (IGDS).

Kadis Disperindag Provinsi Jambi Secara Resmi Membuka Sosialisasi Penganugerahan Penghargaan Upakarti Dan Indonesia Good Design Selection (IGDS).
Foto Inro, Kadis Perindag Provinsi Jambi Berikan Sambutan.

Jambi,Jambiekspose.net -- Pemerintah Provinsi Jambi melalui dinas perindustrian dan perdagangan menggelar kegiatan sosialisasi penganugerahan penghargaan upakarti dan Indonesia Good Design Selection (IGDS).

Hal ini ditandai oleh Kadis Disperindag Provinsi Jambi Secara Resmi Membuka, Ariansyah Rabu(09/10/2019) Hotel Odua Weston Kota Jambi.

Turut mendampingi Bambang Irianto, Kabag Umum Kementerian Perindustrian Dan Perdagangan RI, serta para panitia.

Dikatakan oleh Ariansyah, Kementrian Perindustrian RI (Kemenperin) mengharapkan agar industri kecil menengah (IKM) di Provinsi Jambi untuk dapat mengikuti Indonesia Good Deseign Selection (IGDS) 2020 mendatang dan mendapatkan penghargaan Upakarti oleh Presiden RI, Jokowi.

"Dengan mengikuti IGDS, produk usaha IKM yang dihasilkan akan semakin menarik dan menambah nilai ekonominya,"jelasnya.

bila IGDS merupakan sistem seleksi desaign bagus bagi produk indonesia sebagai usaha untuk meningkatkan apresiasi desain dan kepercayaan terhadap kualitas produk Indonesia.

"Sosialisasi ini dimaksudkan agar IKM yan ada di Provinsi Jambi mampu mempersiapkan produk agar layak diikutkan dalam seleksi desain terbaik Indonesia. Hal ini dilakukan agar IKM di Seluruh Jambi mampu bersaing dengan IKM yang ada di seluruh Indonesia sehingga produk yang dihasilkan mampu memberikan nilai tambah dan meningkatkan perekonomian,"katanya.

IGDS merupakan bagian dari langkah strategis dalam upaya menumbuh kembangkan rasa butuh desain dan kepedulian akan sebuah produk bermutu dikalangan pengusaha atau produsen produk industri.

Industri kecil dan menengah (IKM) bisa mendapatkan insentif dari pemerintah jika berprestasi. Direktur Jenderal IKM Kementerian Perindustrian Euis Saedah mengatakan, penghargaan dari pemerintah bisa berupa upakarti dan penghargaan lain menyangkut dedikasi IKM memajukan industri kecil.

Sedangkan untuk Penghargaan Upakarti, penghargaan tertinggi dari Pemerintah kepada mereka yang telah berdedikasi tinggi melakukan berbagai upaya yang sangat luar biasa dalam pengembangan industri kecil dan menengah.

"Penghargaan Upakarti, terdiri atas 3 (tiga) kategori, pertama, Jasa Pengabdian: pengejawantahan  rasa ikut memiliki, rasa ikut bertanggung jawab serta berperan aktif dalam pengembangan industri kecil menengah. Jasa pengabdian diberikan kepada perorangan, lembaga/perusahaan yang secara tulus,aktif  dan berkesinambungan mengembangkan industri kecil dan menengah.
Kedua, Jasa Kepeloporan: pengejawantahan rasa ikut bertanggung jawab jawab serta rasa ingin berperan aktif dalam pengembangan industri kecil dan menengah. Jasa Kepeloporan diberikan kepada lembaga/perusahaan yang mempelopori dan memimpin jaringan kerjasama, yang secara berkesinambungan melakukan pembinaan kepada industri kecil dan menengah berdasarkan keterkaitan dan kemitraan yang saling menguntungkan, saling memperkuat dan saling melengkapi. Ketiga, Jasa Kepedulian: pengejawantahan rasa  memiliki, rasa bertanggung jawab dan keinginan berperan aktif melalui penetapan kebijakan yang berpihak secara nyata untuk pengembangan Industri kecil dan menengah.  Jasa kepedulian diberikan kepada Kepala Pemerintah Provinsi, Kepala Pemerintah Kabupaten/Kepala Pemerintah Kota,"urainya.

Kegiatan sosialisasi penganugerahan penghargaan upakarti dan IGDS ini agar menyamakan persepsi untuk peserta agar bisa memberikan informasi kepada masyarakat jambi yang khusus punya usaha IKM nya bisa mendapatkan penghargaan upakarti oleh pemerintah yaitu presiden serta desain produknya bisa mengangkat Indonesia dan Kota Jambi.(Inro).