-->

BREAKING NEWS

Wakil Walikota Jambi Kukuhkan 12 Siswa-siswi SMAN 2 Kota Jambi sebagai Pramuka Garuda

Wakil Walikota Jambi Kukuhkan 12 Siswa-siswi SMAN 2 Kota Jambi sebagai Pramuka Garuda
Foto Humas Kota Jambi

Kota Jambi, Jambiekspose.net  - Wakil Wali Kota Jambi Maulana mengukuhkan 12 siswa-siswi SMN 2 kota Jambi sebagai pramuka Garuda. Pengukuhan dilakukan usai Maulana memimpin upacara rutin, Senin (2/9/2019) pagi. Kepada 12 Pramuka Garuda, Maulana mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih dicapai.

Predikat Pramuka Garuda ini kata Maulana, melalui tahapan dan seleksi yang ketat dan persyaratan yang cukup berat.

"Alhamdulillah, 12 orang ini dinyatakan lulus dan hari ini dikukuhkan didampingi oleh ketua harian Kwartir cabang pramuka dan ka kwarran, kamabigus. Kami berharap bahwa Pramuka Garuda yang sudah teruji melalui seleksi yang sangat ketat ini, menjadi contoh dan teladan di lingkungan sekolahnya, di lingkungan masyarakat tempat tinggalnya, dan tentu bagi dirinya dan keluarganya."

"Poin-poin pentingnya adalah yang pertama menekankan terhadap kecintaan terhadap NKRI, wawasan kebangsaan, menghargai keberagaman dan toleransi serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan semangat untuk senantiasa belajar," jelas Maulana kepada wartawan usai pengukuhan.

Maulana menambahkan, pada saat memberikan arahan poin penting yang disampaikannya adalah agar semua siswa-siswi terus belajar. Karena kalau yang tidak mau belajar, kata Maulana, berarti tidak mau berubah.

Sementara dalam hidup dan kehidupan ini, tambahnya yang pasti adalah perubahan itu sendiri sehingga bisa mendorong semangat belajar bagi seluruh siswa-siswi, sebagai teladan adalah kelompok Pramuka Garuda.

"Dan diharapkan kepada semua anak-anak di SMA 2 ini terus meningkatkan kemampuannya menggali potensi dalam dirinya. Karena setiap anak itu punya potensi yang berbeda-beda. Begitu juga tadi saya menekankan tentang peranan guru, yang saat ini guru itu sebagai penghubung," ujar Maulana.

Sumber-sumber ilmu pengetahuan jelasnya, bukan satu-satunya sumber, karena guru tentu juga punya keterbatasan. Dan dengan teknologi yang ada, informasi bisa didapatkan dari mana saja, yang penting guru menghubungkan semua sumber-sumber itu.

"Termasuk mendatangkan misalnya narasumber dalam proses belajar mengajar itu satu hal yang sangat baik kedepan. Misalnya tentang keuangan datangkan dari BI dan OJK, tentang baris-berbaris dari Babinsa dan lain-lain.

"Supaya mereka memahami secara faktual kehidupan nyata. Karena kalau secara teoritik itu, dari jalur itu kita semua bisa dapat informasi. Tapi fakta-fakta pengalaman langsung di lapangan itu lebih menyentuh dan lebih memberikan kesan, bagaimana kita supaya punya cita-cita."

"Dan saya tadi sampaikan juga harus punya figur-figur yang sesuai dengan karakter anak, sehingga memotivasi diri untuk menjadi orang yang lebih sukses," pungkas Maulana.

Sementara, Plt Kepsek SMA Negeri 2 kota Jambi APP Sitorus menjelaskan, pengukuhan Pramuka Garuda merupakan peningkatan karir pramuka di tingkat penegak.

"Saya minta terus berprestasi melakukan sesuatu hal sesuai dengan aturan yang berlaku terutama di kepramukaan."

"Pesan ke depannya, jadikan kepramukaan yang telah diikuti sekarang untuk menjadi motivasi nantinya di masa depan," pungkas APP Sitorus.

Tampak hadir ketua harian Kakwarda pramuka kota Jambi, Rifa'i bersama pengurus.(Inro).