-->

BREAKING NEWS

Rektor UNJA Provinsi Jambi Secara Resmi Membuka Seminar Nasional Dan Call Paper / Non Call Paper

Rektor UNJA Provinsi Jambi Secara Resmi Membuka Seminar Nasional Dan Call Paper / Non Call Paper

Foto Inro, Rektor Unja Secara Simbolis Memberikan Plakat Kepada Asisten III bidang administrasi umum mewakili Gubernur Jambi.

Jambi, jambiekspose.net -- Universitas Jambi melalui Fakultas Hukum menggelar kegiatan acara seminar nasional dan call paper serta noncall paper.

Hal ini ditandai dengan dibuka secara resmi oleh Rektor Universitas, Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D Sabtu(14/09/2019) Hotel Odua Weston Kota Jambi.

Turut Mendampingi Asisten III bidang administrasi umum, H. Sudirman Mewakili Gubernur Jambi, Ketua Magister Ilmu Hukum, Prof. Dr. Bahdar Johan Nasution, Perwakilan BANI Jambi, Ir. H. Chairul Anwar.MM.MH, Ketua Panitia Penyelenggara, Dr.H.Syamsir.SH.MH.

Dikatakan oleh Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D, dengan mengambil tema kegiatan seminar nasional ini Riset Terhubung Dalam Pengembangan Hukum Nasional.

"jadi peran riset terhubung dalam pengembangan hukum nasional adalah sebuah tema yang sangat diharapkan pada saat ini agar adanya kontribusi bagi para akademisi dalam melakukan penelitian atau riset untuk pembangunan nasional,"jelasnya.

karena memang sistem hukum kita pada saat ini sedang menghadapi masalah antara lain masalah Ius constituendum dan ius constitutum itu hukum positif kita bermasalah artinya hukum positif itu hukum yang berlaku pada saat ini sedang menghadapi masalah.

"Ini juga adanya kerjasama dengan program studi magister ilmu hukum pascasarjana universitas jambi dengan badan arbitrase nasional Indonesia, "ujarnya.

Dengan adanya kerjasama ini diharapkan mampu meningkatkan dan memperluas wawasan bagi mahasiswa dan dosen di magister ilmu hukum pascasarjana universitas jambi.

Seminar nasional ini merupakan salah satu bagian pembinaan hukum nasional agar selalu berjalan pada ideologis negara.

Kemudian dalam permasalahan hukum itu ada tiga sistem penentu bisa atau tidaknya hukum itu dilaksanakan dengan baik.

"yang pertama itu apa yang disebutnya sebagai substansi dan komponen, yang kedua yang sangat menentukan bisa atau tidaknya hukum tidak dilaksanakan dengan baik adalah Pranata hukum baik dan yang ketiga adalah budaya,"urainya.

Ditambahkan oleh Sudirman, Kegiatan seminar ini bagi Pemerintah daerah Provinsi Jambi selalu menyambut baik.

Karena merupakan salah satu bagian dari pembinaan hukum nasional agar selalu berjalan dengan baik serta memastikan bahwa proses pembentukan dan produk hukum berkontribusi positif.

"Pembinaan hukum harus mampu menuntun, mengarahkan dan menampung apresiasi kebutuhan hukum sesuai dengan kesadaran hukum "ujarnya.

Seperti kita ketahui bahwa keberhasilan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat tidak terlepas dari beberapa faktor diantaranya, politik, hukum sosial.

Ditambahkan oleh H. Syamsir, Universitas Jambi melalui program studi magister ilmu hukum pascasarjana menggelar kegiatan berupa seminar nasional .

Seminar ini dihadiri sebanyak 170 orang dan dilaksanakan 1(satu) hari dengan mendatangkan beberapa narasumber dan memberikan materi dalam seminar ini.

"Prof. H. Johni Najwan, S.H., M.H., Ph.D.Tema Peran Riset Terhubung Dalam Pengembangan Hukum Sesi Plannary Sessions, Prof. Dr. Joni Emirzon SH., M.Hum., FCBarb. Ketua BANI Perwakilan Palembang, Tema: Peran BANI Dalam Pengembangan Hukum Nasional,
Dr. Febrian, SH., MS. Dekan Universitas Sriwijaya Tema: Pentingnya Hasil Penelitian PT Dalam Pembaharuan Hukum Nasional, . Dr. Bahrul Ulum, MA Dosen UIN STS Jambi Tema: Riset Kajian Islam di PT dan Hubunganya dengan Pengembangan Hukum,"urainya.