-->

BREAKING NEWS

Pemkot Jambi Peringati Hari HKG Ke-47 PKK

Pemkot Jambi Peringati Hari HKG Ke-47 PKK
Foto Humas Kota Jambi.

Kota Jambi,Jambiekspose.net  - Pemerintah kota (pemkot) Jambi memperingati Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-47 PKK. Sekretaris daerah (sekda) kota Jambi hadir menyampaikan sambutan Wali Kota Jambi.

Gerakan PKK, kata Wali Kota, merupakan upaya memandirikan masyarakat dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat, sejahtera, maju dan mandiri. Kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

"Sebagai mitra pemerintah, tim penggerak PKK selalu terbuka dalam pelaksanaan program dengan memanfaatkan koordinasi dan dukungan semua unsur pelaksana di masing-masing tingkat wilayah."

"Keberhasilan pembangunan pemerintah sangat dipengaruhi oleh keikutsertaan dan kontribusi dari berbagai pihak, salah satunya PKK. Sebagai mitra pemerintah, memiliki fungsi dan peran strategis dalam pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga melalui unit terkecil yakni keluarga," jelas Wali Kota.

Dengan peringatan HKG ke-47 PKK ini, tambah Wali Kota, diharapkan seorang kader dapat mendorong masyarakat yang ada di wilayah masing-masing sampai di kecamatan dan kelurahan, agar tidak hanya berdiam diri dalam proses pembangunan.

"Apabila 10 program pokok PKK ini dapat terwujud, tentunya akan memberikan dampak yang positif terhadap kemajuan masyarakat. Hal ini dimaksudkan agar rencana kerja tim penggerak PKK menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dokumen perencanaan pembangunan pemerintah daerah."

"Apabila proses dan siklus manajemen program dapat berlangsung seperti itu, maka niscaya pemerintah daerah akan memberikan dukungan dan fasilitasi terhadap program-program tim penggerak PKK."

"Sehingga gerakan PKK dapat memberikan andil dan turut serta ambil bagian dalam upaya ikut meningkatkan taraf hidup dan kehidupan keluarga, menuju masyarakat yang maju dan sejahtera," jelas Wali Kota.

Sebelumnya, ketua TP PKK Kota Jambi Yuliana Fasha membacakan sambutan ketua umum PKK pusat.

Sementara, ketua pelaksana Nadiyah Maulana mengatakan, dengan memperhatikan arus globalisasi yang diringi dengan otonomi daerah perlu adanya upaya yang dapat mendukung peningkatan sumber daya manusia yang handal dan sanggup menghadapi kompetisi yang semakin ketat.

"Serta mampu mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan meningkatkan harkat dan martabat bangs. Pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga PKK yang merupakan gerakan pembanguna, dimotori oleh kaum perempuan melalui 10 program pokok PKK dengan sasaran keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat yang sudah ter lahir sejak 27 Desember 1972," jelas Nadiyah.

Sesuai dengan nilai historisnya, tambah Nadiyah, puncak peringatan HKG PKK ke-47 semestinya dilaksanakan tepat pada waktunya namun mengingat padatnya kegiatan, maka baru dapat dilaksanakan hari ini.

Tujuan peringatan, kata Nadiyah, adalah untuk memasyarakatkan gerakan PKK sebagai gerakan yang dikelola dengan prinsip dari, oleh dan untuk masyarakat yang sudah dilaksanakan di seluruh Indonesia dan bermanfaat bagi masyarakat di seluruh pelosok tanah air.

"Kemudian meningkatkan pemahaman segenap jajaran tim penggerak PKK, masyarakat dan seluruh komponen bangsa tentang keberadaan tujuan program dan kegiatan PKK dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga," pungkasnya.

Adapun rangkaian lomba yang diadakan yakni lomba da'iyah dewasa, lomba nyanyi perkusi, lomba nyanyi lipsing dan lomba mirip pahlawan nasional.

Kepada wartawan usai acara, Sekda Budidaya mengatakan bahwa kegiatan menunjukkan kemahiran masing-masing dari Kecamatan dan Kelurahan.

"Tadi ada lomba mirip pahlawan kita, tokoh pahlawan kita. Intinya mereka bisa saling silaturahmi, kemudian kegembiraan."

"Disamping juga program utamanya bisa bersinergi dengan pemerintah. Karena ada 10 program PKK itu yang bisa di sinergikan dengan kegiatan pemerintah," tutup Budidaya.(Inro).