-->

BREAKING NEWS

Gubernur Jambi Secara Resmi Membuka FGD ORWIL ICMI Provinsi Jambi. 

Gubernur Jambi Secara Resmi Membuka FGD ORWIL ICMI Provinsi Jambi. 
Foto Inro, Gubernur Jambi Didampingi Ketua Orwil ICMI Provinsi Jambi Memberikan Keterangan Pers.

Jambi, Jambiekspose.net -- Organisasi wilayah ikatan cendikiawan muslim Indonesia (ORWIL ICMI) Provinsi Jambi bekerja sama dengan Kesbangpol Provinsi Jambi menggelar focus group discussion (FGD).

Hal ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Jambi, Fachrori Umar Kamis(05/09/2019) Shang Ratu Hotel Kota Jambi.

Turut mendampingi Kaban Kesbangpol Provinsi Jambi, Drs.H.Asnawi.AB, Ketua Orwil ICMI Provinsi Jambi, Prof. DR.H. Muchtar Latif.Mpd.

Dikatakan Fachrori Umar, FGD hari ini berguna sebagai Forum Kemitraan dan kerjasama serta merupakan salah satu bentuk akselerasi dan keharmonisan antara kaum muslimin melalui organisasi ICMI dengan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan.

"Melalui kegiatan ini saya atas nama pemerintah Provinsi Jambi sangat berharap kegiatan FGD ICMI tersebut akan menghasilkan rumusan- rumusan yang baik dalam menjaring Pemimpin yang Intelektual, Berintegritas, Berimtak, dan Beriptek,"jelasnya.

Sesuai dengan tema FGD ini, yaitu Menjaring Pemimpin yang Intelektual, Berintegritas, Berimtak, dan Beriptek, maka ada beberapa hal yang dapat saya sampaikan.

"Yang Pertama, sesuai dengan tuntunan agama, disebutkan dalam Hadist bahwa Setiap kita adalah Pemimpin, dan setiap Pemimpin akan diminta pertanggungjawabannya . Sebagai suami, sebagai istri bahkan sebagai pembantu sekalipun akan diminta pertanggungjawabannya,"jelasnya.

Kedua, adalah Komunikasi. Sebagaimana yang telah kita ketahui bersama, bahwa inti dari Manajemen/organisasi adalah Kepemimpinan, dan Inti dari Kepemimpinan itu sendiri adalah Komunikasi. Ketiga, membentuk dan mengoptimalkan Sumber Daya Manusia yang handal, yang memiliki kecerdasan Intelektual (IQ), Emosional (EQ), maupun Spiritual (SQ).
Keempat, yang juga penting adalah menerapkan penghargaan dan sanksi.
Kelima, yang juga menurut saya penting adala upaya mengubah pola pikir (mindset), sikap dan perilaku SDM Masyarakat Provinsi Jambi termasuk aparatur juga menjadi penting.

Ditambahkan Muchtar Latif, Dengan mengambil tema menjaring calon pemimpin yangbintelektual berintegrasi, berimtak dan beriptek.

"ICMI Adalah sebuah prestasi Cendikia yang bermakna bahwa Cendekia itu adalah orang-orang atau manusia Islam sebagai kaum intelektualnya yang peduli dengan segala aspek kehidupan atau kualitas kehidupan masyarakat,"ujarnya.

 salah satu kualitas hidup masyarakat tertentu maka itu adalah punya kepentingan dalam memberikan sebuah pemikiran pemikiran cerdas atau bagaimana kita bisa mendapatkan Pemimpin yang betul-betul memiliki intelektualitas integritas punya iman dan taqwa.

"Dalam FGD ini, besar harapan organisasi harus mampu memberikan masukan dengan membaca dan mencerna permasalahan pembangunan bangsa saat ini,"ketusnya.

 Karena dalam upaya mewujudkan Visi Jambi TUNTAS 2021 dibutuhkan Kepemimpinan yang Efektif, yang mampu menggerakkan potensi menuju tujuan yang diinginkan, dengan kiat sukses pemimpirn melalui 5 pointer yaitu pertama, Setiap Kita adalah Pemimpin, dan Setiap Pemimpin akan diminta pertanggungjawabannya, kedua, Komunikasi yang Baik; ketiga, Mengoptimalkan SDM yang Handal; keempat, Menerapkan Penghargaan dan Sanksi; kelima, Mendorong terjadinya Perubahan Mental.

Kepada masing-masing anggota ICMI dan semua peserta, berharap kiranya dapat memberikan masukan, kritik dan saran dalam pelaksanaan FGD ICMI Tahun 2019 ini sehingga menghasilkan rumusan hasil yang diharapkan, dalam menunjang keberhasilan pelaksanaan program pembangunan sesuai dengan Visi Misi JAMBI TUNTAS 2021.(Inro).