-->

BREAKING NEWS

3 Resep Ikan Bakar yang Mudah, Murah, dan Lezat

3 Resep Ikan Bakar yang Mudah, Murah, dan Lezat
Reporter : Tantiya Nimas Nuraini

Dream – Mana nih suaranya tim ikan bakar? Pasti banyak dari kalian yang menyukai salah satu jenis masakan ikan ini.

Dikenal sebagai negara maritim, Indonesia tentu saja memiliki beragam jenis ikan dan hewan laut yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat luas.

Dari semua jenis masakan berbahan dasar ikan, olahan ikan bakar merupakan salah satu makananpaling populer di tanah air. Sebab pengolahan ikan akar sangat minimalis sekalis. Meskipun minimalis, jangan pernah kalian ragukan mengenai cita rasanya.

Penggunaan ikan segar yang ditambah dengan ketepatan bumbu-bumbu dasar inilah yang membuat siapa saja akan kecantol dengan kenikmatan sajian ikan bakar.

Coba bayangkan, rasa segar dari si ikan ditambahkan dengan perpaduan bumbu sederhana pasti langsung membuat perut kalian keroncongan.

Sudah saatnya kalian beralih dari membeli ikan bakar di restoran menjadi memasaknya sendiri di rumah.

Tidak perlu khawatir, resep-resep berikut tergolong begitu mudah untuk dilakukan kok bahkan bagi pemula sekalipun.

2 dari 7 halaman


Resep Ikan Bakar Kecap

Bahan:

500 gram ikan sesuai selera kalian, 4 sdm kecap manis, 1 buah jeruk nipis,1 sdm minyak goreng, 1 sdm air asam Jawa kental



Bahan Halus:

5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 cm jahe yang telah dimemarkan1 buah cabai merah besar ½ sdt ketumbar yang telah disangrai Garam.



3 dari 7 halaman

Cara Membuat:Bersihkan ikan dengan membuang insang, sisik serta isi perut ikanBerilah kerat pada tubuh ikan agar bumbu mudah meresapLetakkan di mangkok dan tambahkan perasan air jeruk nipisDiamkan selama 15 menit, kemudian bilas hingga bersih Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Masukkan semua bumbu halus dan tumis hingga tercium bau harum Tambahkan air asam Jawa dan kecap manis ke dalam tumisanAduk semua bahan hingga tercampur rata dan sedikit mengental. Matikan api dan sisihkan Panaskan minyak goreng kembali dengan api sedang Goreng ikan hingga matang. Angkat dan sisihkan Panaskan pemanggangan, boleh pakai kompor atau arangOleskan secara merata bumbu bakaran pada tiap sisi ikan Bakar ikan hingga dirasa sudah matang dengan sempurna Letakkan di atas piring saji, kemudian tambahkan bahan pelengkap lainnya, Ikan bakar kecap telah siap untuk dihidangkan

4 dari 7 halaman



Resep Ikan Bakar Madu

Bahan:

800 gram ikan jenis apa saja, 8 sdm madu murni, 2 lembar daun jeruk, 2 sdm air jeruk nipis, 1 lembar daun salam, Garam, Gula pasir.



Bahan Halus:

8 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 4 butir kemiri, 1 ruas lengkuas  1 ruas jahe,1 sdt ketumbar ½ ruas jari, kunyit ½ sdt merica.



Bahan Olesan:

4 sdm madu, 2 sdm kecap manis, 2 sdm minyak sayur





5 dari 7 halaman

Cara Membuat:Bersihkan ikan dengan membuang insang, sisik serta isi perut ikan. Berilah kerat pada tubuh ikan agar bumbu mudah meresapLetakkan di mangkok dan tambahkan perasan air jeruk nipisDiamkan selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih. Panaskan minyak goreng dengan api sedang Masukkan semua bumbu halus, daun jeruk serta daun salam ke dalam wajanTumis semua bahan tersebut hingga tercium aroma sedap.
Tambahkan madu, garam serta gula pasir ke dalam tumisan,  Aduk kembali semua bahan hingga tercampur rata. Matikan api dan sisihkan Panaskan minyak goreng kembali dengan api sedangGoreng ikan hingga matang. Angkat dan sisihkan Panaskan pemanggangan, boleh pakai kompor atau arang. Oleskan secara merata bumbu bakaran pada tiap sisi ikan Ketika dibakar, sesekali oleskan bahan olesan yang telah disiapkan Bakar ikan hingga dirasa sudah matang dengan sempurna. Letakkan di atas piring saji, kemudian tambahkan bahan pelengkap lainnyaIkan bakar madu telah siap untuk dihidangkan

6 dari 7 halaman



Resep Ikan Bakar Padang

Bahan:

800 gram ikan jenis apa saja50 ml santan kental2 lembar daun salam1 buah jeruk nipis1 lembar daun kunyit1 batang serai yang telah dimemarkan1 sdm minyak gorengGaramGula pasir



Bahan Halus:

5 buah cabai merah besar, 4 cm lengkuas yang telah dimemarkan, 4 cm jahe yang telah dimemarkan, 4 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 3 cm kunyit, 3 buah cabai rawit, 2 butir kemiri.



7 dari 7 halaman


Cara Membuat:Bersihkan ikan dengan membuang insang, sisik serta isi perut ikan. Berilah kerat pada tubuh ikan agar bumbu mudah meresap Letakkan di mangkok dan tambahkan perasan air jeruk nipis Masukkan sebagian bumbu halus ke dalam mangkok Aduk hingga bumbu tercampur rata. Diamkan selama 1 jam Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Masukkan semua bumbu halus, daun kunyit, serai serta daun salam ke dalam wajan Tumis semua bahan tersebut hingga tercium aroma sedap Tambahkan santan, garam serta gula pasir ke dalam tumisan Aduk kembali semua bahan hingga tercampur rata. Masukkan ikan ke dalam masakan, Aduk dan tunggu hingga bumbu menyusutMatikan api dan sisihkan. Panaskan pemanggangan, boleh pakai kompor atau arang, Oleskan secara merata bumbu bakaran pada tiap sisi ikan Ketika dibakar, sesekali oleskan bahan olesan yang telah disiapkan Bakar ikan hingga dirasa sudah matang dengan sempurnaLetakkan di atas piring saji, kemudian tambahkan bahan pelengkap lainnya. Ikan bakar padang telah siap untuk dihidangkan



(Ism, Sumber: Merdeka)