-->

BREAKING NEWS

Misi Timnas U-16 Pertahankan Mahkota Juara Asia Tenggara

Misi Timnas U-16 Pertahankan Mahkota Juara Asia Tenggara

Photo :Instagram/@officialpssi

Para pemain Timnas Indonesia U-16 merayakan gol

Radhitya Andriansyah

VIVA – Sepertinya anggapan publik yang menyebut Indonesia punya tim kelas dunia di level junior ada benarnya. Sebab, Timnas Indonesia U-16 tampil begitu beringas di ajang Piala AFF U-16 yang saat ini tengah berlangsung. Ya, armada Garuda Asia belum sekali pun terkalahkan selama gelaran ini digelar.

Sepak terjang pasukan Bima Sakti Tukiman di Piala AFF U-16 2019 sepertinya tak terlalu menggema. Padahal, Timnas U-16 berstatus juara bertahan di ajang ini.
 Pada 2018 lalu, Rendy Juliansayah cs berhasil mempersembahkan trofi juara dalam turnamen tingkat usia di se-Asia Tenggara.

Saat itu,Timnas U-16 berhasil menumbangkan Thailand lewat drama adu penalti dengan skor akhir 4-3 (1-1), dalam pertandingan yang digelar di Gelora Delta, Sidoarjo, 11 Agustus 2018. Saat itu juga, Timnas U-16 memberikan hadiah ulang tahun untuk Indonesia yang enam hari kemudian merayakan Hari Kemerdekaan yang ke-73. Kini, Marselino Ferdinan cs juga punya peluang yang sama untuk menghadiahi bangsa ini di hari jadi ke-74.

Sebagai informasi bagi para pecinta sepakbola tanah air, saat ini Timnas U-16 sudah berada di ambang keberhasilan lolos ke babak semifnal. Timnas U-16 yang tergabung di Grup A bersama Filipina, Myanmar, Singapura, Timor Leste, serta tim kuat, Vietnam, belum terkalahkan dalam tiga pertandingan awal.

Tak hanya itu, Timnas U-16 bahkan mampu mencetak lima gol dan baru kebobolan satu gol dalam tiga pertandingan. Dalam dua pertandingan awal melawan Vietnam dan Singapura, Timnas U-16 mampu merebut dua kemenangan dengan catatan clean sheet alias tak kebobolan. Sayangnya dalam laga ketiga, Timnas U-16 hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Timor Leste.

Timnas U-16 tinggal membutuhkan satu kemenangan lagi untuk bisa memastikan diri menembus babak semifinal. Mampukah sang Garuda Asia kembali menunjukkan kehebatannya?

Perjalanan Awal

Ujian berat sudah langsung harus dihadapi Timnas U-16 di laga perdana. Vietnam jadi lawan pertama Timnas U-16 di turnamen ini. Tampil penuh determinasi di Chonburi Campus Stadium, Chonburi, Thailand, Timnas U-16 berhasil menghantam Vietnam 2-0. Muhammad Valeron dan Marselino jadi pahlawan kemenangan setelah mencetak gol masing-masing di menit 40+2 dan 46.