-->

BREAKING NEWS

Kadis Perindag Provinsi Jambi Membuka Sosialisasi Pasar Lelang Komoditas Terpadu Dan Sistem Resi Gudang (SRG).

Kadis Perindag Provinsi Jambi Membuka Sosialisasi Pasar Lelang Komoditas Terpadu Dan Sistem Resi Gudang (SRG).
Foto Inro, Kadis Perindag Provinsi Jambi Membuka Sosialisasi Pasar Lelang Dan SRG.

Jambi, Jambiekspose.net -- Dinas perdagangan dan pendustrian Provinsi jambi menggelar kegiatan Sosialisasi pasar lelang Komoditas terpadu dan sistem resmi gudang (SRG).

Hal ini ditandai dengan dibuka secara resmi Kepala Dinas Perindag Provinsi Jambi, Drs.Ariansyah,SE.Senin(22/07/2019) Grand Hotel Kota Jambi.

Turut mendampingi Subiyanto,SE.M.Sc, Kabid Perdagangan,Yani
mewakili Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi.

Dikatakan Ariansyah, Guna mewujudkan ekonomi yang kuat dan mandiri sebagai mana yang diamanatkan oleh Konsititusi haruslah didukung oleh sarana, Regulasi dan Infrastruktur yang baik Dalam Era Globalisasi dan era pasar global sangat diperlukan keterbukaan dalam bertransaksi, sehingga antara penjual dan pembeli merasa aman dari persaingan serta intrik perdangan yang tidak kondusif.

"Salah satu sistem yang diharapkan dapat mendukung kondisi dinamis yang diingini yaitu melalui pasar lelang dan berjangka komoditi dengan sistem forward atau penyerahan kemudian dan sistem resmi gudang,"katanya.

Agar perdagangan berjangka komoditi dapat terlaksana dengan baik, disamping harus adanya kepastian hukum juga perlu didukung dengan fasilitas yang baik, salah sątunya melalui pelaksanaan Sistem Resi Gudang.

"Resi gudang merupakan salah satu instrument penting, efektif dan negotiable (dapat diperdagangkan) serta swapped (dipertukarkan) dalam sistem pembayaran perdagangan suatu Negar,"ùjarnya.

Disamping itu Resi Gudang juga dapat dipergunakan sebagai jaminan (collateral) atau diterima sebagai bukti penyerahan barang dalam rangka pemenuhan dalam suatu Kontrak Berjangka.

Kemudian dengan pasar lelang, Dari perkembangan lelang yang dilakukan terlihat para pelaku usaha sudah memanfaatkan sarana pasar lelang.

"hal ini terbukti dari bertambahnya jumlah produsen atau petani demikian juga dengan produk yang memasuki pasar lelang. Pemantauan tim Dinas Perindag Provinsi Jambi produk yang memenuhi pesar lelang adalah : Biji pinang, casiavera, kelapa dalam, jeruk manis, beras, gaharu, minyak nilam, cengkeh, coklat, sayuran organik, kopi, kunyit, beras, ubi jalar,"urainya.

Berdasarkan hal diatas Dinas Perindag Provinsi Jambi sudah saatnya berkomitmen lebih optimal lagi dengan instansi terkait untuk mewujudkan "Pasar Lelang dan Sistem Resi Gudang", dimana kegiatan ini merupakan unggulan/Flag Ship baik dari Kementrian Perdagangan maupun dari Dinas Perindag Provinsi Jambi. (Inro).