-->

BREAKING NEWS

Sekretaris Dinsosdukcapil Provinsi Jambi Buka Penguatan Kompetensi SDM Pengelola Data Dinas Sosial Se-provinsi Jambi 

Sekretaris Dinsosdukcapil Provinsi Jambi Buka Penguatan Kompetensi SDM Pengelola Data Dinas Sosial Se-provinsi Jambi 
Foto Inro, Sekretaris Dinsosdukcapil Provinsi Jambi  Buka Penguatan Kompetensi SDM Dinsos Kabupaten Kota Se-provinsi Jambi.

Jambi-- bertempat di Hotel Odua Weston Kota Jambi Kemeneterian Sosial RI dan Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation (SIKS), menggelar kegiatan penguatan kompetensi SDM Pengelola Se-Provinsi Jambi.

Hal ini ditandai dengan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Sosial, Fadli Saleh, S.STP..MSi Jumat(03/05/2019).

Turut mendampingi Suwendi, Pranata Komputer Pusdatin RI, Ita konita narasumber penguatan SDM, Indra  Arja Kesuma.SH.MH selaku Ketua penyelenggara.

Dikatakan Fadli Saleh, penanggulangan kemiskinan telah menjadi prioritas nasional dan daerah.  Pemerintah Provinsi Jambi telah menargetkan penurunan angka kemiskinan.

"Penurunan angka kemiskinan di Provinsi Jambi dari 7.4 persen Tahun 2021, tentunya ini bukanlah pekerjaan mudah, dan diperlukan sinergi penanggulangan kemiskinan baik oleh pusat dan daerah serta Kabupaten,"ujarnya..

Ketersediaan data yang valid dan update juga menjadi salah satu prasyarat yang harus dimiliki agar penanggulangan kemiskinan dapat berjalan dengan efektif, efisien dan tepat sasaran.

"Dengan melalui kegiatan ini,inclusion error  dan exclussion yang selama ini terjadi, dapat dikurangi sehingga pada akhirnya dapat dihasilkan data-data yang lebih valid dan aktual,"terangnya.
Foto Inro, Ita konita narasumber penguatan SDM. 

Ditambahkannya Ita Nokita, Kementerian Sosial RI melalui Pusat Data dan Informasi (PUSDATIN) telah melakukan berbagai langkah dalam perbaikan data antara lain dengan penguatan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Pengelola Data dalam Bimbingan Teknis Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial – Next Generation (SIKS- NG) seperti yang dilaksanakan sekarang ini bagi Provinsi Jambi.

"SIKS-NG merupakan Sistem Informasi Pengelolaan Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin dan Orang Tidak Mampu dan terintegrasi dengan semua Program misalnya Program Anak, Program lansia, Program Panti, Program Disabilitas, KIP, PBI/JKN atau KIS,"ujarnya.

Kementerian Sosial RI melalui Pusat Data dan Informasi (PUSDATIN) telah melakukan berbagai langkah dalam perbaikan data antara lain dengan penguatan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Pengelola Data dalam Bimbingan Teknis Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial – Next Generation (SIKS- NG) seperti yang dilaksanakan sekarang ini.

Dengan adanya Data Terpadu yang valid dangan pemutahiran yang rutin akan menjadi rujukan bagi berbagai program bantuan sosial baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah agar semua data tepat sasaran.

"bahwa Pemutakhiran Data Terpadu dilakukan oleh Dinas Sosial Kabupaten/Kota melalui SIKS-NG dan hasil pemutahiran ditetapkan oleh Menteri Sosial RI pada bulan Januari dan Juli setiap tahunnya,"Jelasnya.

Untuk Provinsi Jambi dalam update datanya cukup baik, tetapi harus didukung oleh SDM dalam hal mengupdate data dan harus banyak yang mensupport.

Kementerian di tingkat pusat untuk melakukan program elpiji kemudian program PLN, listrik itu program sekarang ini Pemerintah sudah menggulirkan program Indonesia Pintar untuk mahasiswa yang akan menggunakan basis data terpadu, dan data ini akan dipergunakan oleh Departemen Tenaga kerja.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini ada sebanyak 24 orang Terdiri dari supervisor dan operator SIKS-NG Dinas Sosial Kabupaten Kota Se-provinsi Jambi. (Inro).