-->

BREAKING NEWS

Kadis TPHP Provinsi Jambi Membuka Secara Resmi Updating Pelaporan Online.

Kadis TPHP Provinsi Jambi Membuka Secara Resmi Updating Pelaporan Online.
Foto Inro, Kadis TPHP Buka Updating Pelaporan Online. 

Jambi, Jambiekspose.net --Bertempat di Hotel Shang Ratu Hotel Dinas Prasarana dan Sarana Pertanian menggelar kegiatan Updating Pelaporan Online.

Hal ini ditandai dengan dibuka secara resmi oleh Kadis tanaman pangan hortikultura dan peternakan Provinsi Jambi, Ir. Akhmad Maushul Senin(29/04/2019).

Turut mendampingi Kepala Bidang PSP Dinas TPHP Provinsi Jambi, Nuril Hastuti  Kasi PSP, R. Adi Guna SP, Ketua panitia penyelenggara, M. Harris.

Dikatakan oleh Akhmad Maushul, Pembangunan Sarana Prasarana Pertanian diarahkan fokus dalam memfasilitasi kegiatan di subsektor Sektor TPHP, sebagai bagian penting dalam pembangunan pertanian secara utuh, kegiatan pembangunan prasarana dansarana pertanian diarahkan untuk mendukung terwujudnya program yang peduli terhadap kesejahteraan masyarakat pertanian.

"Semua aspek kegiatan Prasarana dan Sarana Pertanian masih dalam lingkup perluasan dan pengolahan lahan, pengolahan air irigasi, penyediaan pupuk dan pestisida, alat dan mesin pertanian dan pembiayaan pertanian yang ini semua perlu dimonitoring dan evaluasi agar tujuan kegiatan tepat sasaran,"Jelasnya.

Monev merupakan bagian sistem manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pemantauan).
Sesuai prinsip e-Government (laporan harus cepat, transparan dan akuntabel) Seiring dengan kemajuan teknologi informasi, proses monev dan pelaporan dilakukan secara elektronik. Saat ini hampir semua monev dan pelaporan telah dilakukan secara elektronik.

"Dengan demikian sistem pelaporan pada zaman yang semakin canggih ini semakin dipermudah dengan bantuan alat elektronik yang berbasis internet,"ujarnya.

Untuk itu  diharapkan dalam workshop pelaporan online ini  ini dapat menjadi tanggung jawab bersama untuk mewujudkan pembangunan pertanian sebab informasi yang ada dalam pelaporan ini sebagai sumber data menunjukan progress pelaksanaan kegiatan selain juga sebagai bahan untuk acuan pengendalian kinerja serta bahan siklus penganggaran tahun berikutnya.

Ditambahkan oleh Nuril Hastuti, Model Pelaporan Online (MPO) merupakan sebuah aplikasi internet yang khusus ditujukan pada kecepatan dalam penyampaian laporan pelaksanaan kegiatan fisik serta anggaran Tugas Pembantuan (TP) dan kegiatan Dekonsentrasi (Dekon) yang diharapkan dapat menghasilkan data / laporan yang selalu ter update sesuai dengan perkembangan pelaksanaan kegiatan di lapangan.

"Aplikasi MPO hanya dapat di akses secara online dengan mengisikan username dan password pada form login pada  aplikasi MPO. Keberhasilan MPO tidak diukur dengan selesainya program kegiatan akan tetapi parameter keberhasilannya adalah kelengkapan dan pemutakhiran data yang di input oleh petugas Kabupaten, akan tetapi jika ada salah satu petugas kabupaten yang tidak update secara kontinyu maka akan mempengaruhi realisasi secara keseluruhan ditingkat Provinsi, untuk itu kami sangat berharap petugas pelaporan dapat menginput realisasi fisik secara lengkap, tertib dan tepat waktu,"paparnya.

" Provinsi Jambi Sendiri Realisasi Anggaran Bidang PSP TA. 2018 sebesar 94,93 % (Rp. 46,541 Milyar dari Rp. 49,025 Milyar) dan Untuk tahun 2019 Capaian realisasi keuangan saat ini 29,66 % (Rp. 6,574 Milyar dari Rp. 22.167 Milyar),"ucapnya.

kedepan Dinas TPHP Provinsi Jambi pada bidang PSP dapat meningkatkan kinerja dan realisasi kegiatan lebih baik dari tahun sebelum nya. Seluruh ukuran capaian realisasi tersebut diambil datanya dari Model Pelaporan Online (MPO), untuk itu perlu terus dilakukan updating pelaporan online karena sampai saat ini masih ada beberapa kabupaten yang belum melakukan penginputan data pelaporan.

Dijelaskan oleh M.Harris,Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan  pengetahuan, keterampilan dan kemampuan para Petugas MPO agar pelaporan data dapat dilaksanakan secara cepat dan akurat.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2(dua) hari dan diikuti peserta sebanyak 25 orang terdiri dari petugas MPO dan petugas menangani teknis kegiatan kabupaten dan kota se-provinsi jambi.(Inro).