-->

BREAKING NEWS

SKK Migas Sumbagsel Menunggu Keseriusan Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten Kota Se-provinsi Jambi Terhadap PI 10 Persen Memiliki Migas. 

SKK Migas Sumbagsel Menunggu Keseriusan Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten Kota Se-provinsi Jambi Terhadap PI 10 Persen Memiliki Migas. 
Foto Inro, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel Adiyanto Agus Handoyo Memberikan Keterangan Pers.

Jambi, Jambiekspose.net -- Pemerintah daerah Provinsi Jambi melalui Dinas ESDM menggelar kegiatan FGD terkait penawaran Participating Interest (PI) 10 persen pada wilayah kerja migas bumi.

Kegiatan ini diwakilkan oleh Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra,Drs.H Arpani Sahaludin Kamis(25/04/2019) ruangan utama kantor Gubernur Jambi.

Dikatakan oleh Arpani Sahaludin, pemerintah daerah Provinsi Jambi beserta Pemerintah Kabupaten Kota Se-provinsi Jambi produsen migas, tentu menyambut baik penerapan dari Permen ESDM nomor 37 Tahun 2016 mengenai ketentuan penawaran PI 10 persen pada wilayah kerja migas bumi segera direalisasikan.

"Namun untuk segera direalisasikan pendapatan PI 10 persen ini tentu harus sesuai dengan mekanisme dan tata cara yang sudah dijabarkan dalam Permen ESDM nomor 37 tahun 2016,"ujarnya.

Sedangkan dikatakan Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagsel Adiyanto Agus Handoyo, Pemerintah daerah Provinsi Jambi meminta kepada SKK Migas Perwakilan Sumbagsel memberikan semacam sosialisasi dan pemahaman terkait dengan penawaran PI 10persen.

"Sosialisasi yang diadakan ini berdasarkan dari tindaklanjut dari Permen ESDM nomor 37 Tahun 2016, jadi artinya meminta pada  pemerintah daerah terhadap pemerintah provinsi kabupaten dan kota diberikan semacam insentif, "ucapnya.

Jadi yang selama ini seolah-olah Pemerintah provinsi kabupaten dan kota hanya memperoleh dana bagi hasil lebih dengan adanya permen ini sebetulnya daerah bisa memberikan partisipasi lebih dalam bentuk 10%.

"ada hal yang menarik bahwa keterlibatan pemerintah daerah di situ bukan saja mereka bisa menjadi semacam memiliki wilayah kerja tapi lebih dari itu juga diharapkan adanya peranan dari  pemerintahan daerah untuk mengelola nilai-nilai kerja di depan semakin meningkat,"katanya.

hal ini disampaikan bahwa bukan saja dari hasilnya yang kita harapkan meningkat tapi juga di dalam hal pengelolaan termasuk juga bagaimana pemerintah daerah terlibat di dalam mempermudah adanya suatu ijin.

"otomatis mereka bagian dari manajemen pengelolaan itu tadi situ diharapkan kalau operasi berjalan lancar lalu daerah bisa memperoleh dan menikmati. juga yang tidak kalah pentingnya adalah proses dari transformer knowledge dengan bergabung menjadi bagian menjadi partisipasi interest daerah juga akan memperoleh langsung akses langsung baik dari transfer teknologi maupun keterlibatan pekerja lalu servis yang akan mendukung dari kegiatan itu,"tegasnya.

Juga tidak kalah pentingnya adalah daerah juga bisa memperoleh langsung informasi yang selama ini daerah selalu mempertanyakan berapa besaran lifting berapa besaran biaya dengan adanya daerah menjadi PI otomatis Pemerintah kabupaten dan kota juga bisa memperoleh akses informasi langsung berapa sebetulnya liftingnya, Berapa produksi yang dapat linknya dengan hal seperti itu akan juga meningkatkan partisipasi daerah itu harapannya.

Jadi SKK Migas Perwakilan Sumbagsel Menunggu Keseriusan dari pemerintah Provinsi Jambi serta Kabupaten Kota Se-provinsi Jambi yang memiliki wilayah kerja migas bumi terhadap PI 10 persen.(Inro).