-->

BREAKING NEWS

Sekda Mengukuhkan Pengurus Forum Koordinasi Pengelolaan DAS Provinsi Jambi Periode 2018 - 2023.

Sekda Mengukuhkan Pengurus Forum Koordinasi Pengelolaan DAS Provinsi Jambi Periode 2018 - 2023.
Foto Inro, Sekda Provinsi Jambi Mengukuhkan Forum Koordinasi Pengelolaan DAS Provinsi Jambi.

Jambi, Jambiekspose.net -- Sekretaris Daerah Provinsi Jambi mengukuhkan pengurus Forum Koordinasi Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (Forum DAS) Periode Kepengurusan 2018 – 2023 di Swisbel Kota Jambi.

Hal ini ditandai dengan dibuka secara resmi dikukuhkan oleh H.M.Dianto selaku Sekda Provinsi Jambi, Senin(29/04/2019) di hadapan Dirjen PDASHL Kementerian KLHK RI.

Turut mendampingi Dirjen  PDASHL Kementerian LHK RI, Dr.Ir. IB.Putera Perthama,,Phd. Ketua Forum Pengelolaan DAS Provinsi Jambi Periode, Ir.Tagor Mulia Nasution, Kepala BPDAS KLHK Provinsi Jambi, Sahid.

Pembentukan Pengurus Forum Pengelolaan DAS tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Provinsi Jambi  Nomor 1401/KEP.GUB/DISHUT-4.2/2018 tentang pembentukan forum koordinasi pengelolaan DAS Provinsi Jambi Periode 2018 - 2023.

H.M.Dianto, menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam kepengurusan Forum DAS tersebut.

"menyadari dengan adanya degradasi dan menurunnya fungsi daerah aliran sungai menjadi salah satu penyebab terjadinya bencana alam seperti banjir, kekeringan, dan tanah longsor yang sering terjadi di beberapa tempat,"jelasnya.

Sehingga diperlukan pengelolaan Das secara holistik multipihak lintas sektor dan lintas wilayah sejalan dengan hal tersebut menjadi isu strategis dan memiliki potensi yang tinggi.

"sementara itu tidak ada satupun lembaga yang memiliki otoritas penuh dalam pengelolaan das dari hulu sampai Hilir oleh karenanya dengan adanya pengelolaan DAS ini dapat mengoptimalkan keterlibatan dari para pihak sehingga pengelolaan Das sebagai satu kesatuan ekosistem dari hulu sampai Hilir dapat terwujud,"ucapnya.

Pada kesempatan ini juga perlu saya sampaikan bahwa dengan adanya program ini dan agar dapat dimanfaatkan secara optimal sebagai wadah koordinasi dalam mendorong integrasi dan Sinergi rencana pengelolaan Das serta dapat harmonis dengan rencana pembangunan daerah.

Ditambahkan IB Perthama, sesuai amanat Permen No 37 Tshun 2012, pengelolaan DAS, penyelenggaraan kegiatan pengelolaan DAS tidak saja di tangan pemerintah.

"Melainkan pada masyarakat mempunyai peranan dalam pengelolaan DAS, dapat diwujudkan secara perorangan maupun melalui forum koordinasi pengelolaan DAS, "ucapnya.

Saat ini forum DAS yang sudah terbentuk sebanyak 117 forum DAS yang terdiri dari 40 forum DAS Nasional, 3 forum DAS lintas provinsi, 11 forum DAS inisiasi LSM serta 62 DAS  kabupaten dan kota termasuk Provinsi Jambi yang sudah terbentuk.

Dijelaskan Sahid, Forum DAS tersebut memiliki niat untuk memperkuat daya dukung dalam menyelamatkan lingkungan, khususnya terhadap masyarakat di sepanjang aliran sungai batang hari

Dalam upaya menyelamatkan alam, melalui kesempatan itu dibutuhkan peran tiga pelaku utama di dalamnya yaitu, goverment, society, dan para ilmuwan serta akademisi. (Inro).