-->

BREAKING NEWS

Kepala P3E Sumatera Buka Sosialisasi Rencana Pengelolaan SDA dan LH Berbasis DDDT Pada Ekosistem Gambut 

Kepala P3E Sumatera Buka Sosialisasi Rencana Pengelolaan SDA dan LH Berbasis DDDT Pada Ekosistem Gambut 
Foto Inro, Kepala P3ES Buka Sosialisasi SDA dan LH Berbasis DDDT.

Jambi,,Jambiekspose.net --Bertempat di hotel Odua Weston Kota Jambi digelar kegiatan Sosialisasi rencana pengelolaan SDA dan LH berbasis DDDT Pada ekosistem gambit9.

Hal ini ditandai dengan dibuka secara resmi oleh Drs. Amran Fery.MSi selaku Kepala pusat pengendalaan pembangunan ekoregion Sumatera Selasa(30/04/2019).

Turut mendampingi .Budi S. Wardana, Deputi Bidang Perencanaan dan Kerjasama BRG, Dr. Alue Dohong, Deputi  Bidang  Konstruksi Operasi dan pemeliharaan BRG, Dr. Myrna A. Safitri, Deputi  Bidang Edukasi  Sosialisasi, Partisipasi Dan Kemitraan BRG.

Dikatakan amran Fery, ekosistem gambut merupakan salah satu ekosistem yang mempunyai fungsi hidrologi dan fungsi lingkungan lain yang sangat  penting  bagi kehidupan seluruh mahkluk hidup.

"Nilai penting inilah yang menjadikan ekosistem gambut harus dipertahankan kelestariannya, disisi lain ekosistem gambut  juga rapuh jika mengalami gangguan, "ujarnya.

Sesuai dengan UU No 32 Tahun 2009, perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.juga masuk dalam pasal 12 telah mengamanatkan bahwa pemanfaatan sumber daya alam dilaksanakan berdasarkan daya dukung  dan daya tampung  lingkungan  hidup (DDDT).

"Pendekatan jasa ekosistem dalam penyusunan DDDTLH mempunyai kelebihan karena lebih komprehensif dengan pendekatan keruangan sehingga dapat lebih mudah diintegrasikan ke dalam rencana pembangunan dan penataan ruang, "ucapnya.

Tugas BRG, mengkoordinasikan dan memfasilitasi restorasi gambut pada 7(tujuh) Provinsi prioritas dan salah satunya Provinsi Jambi.

"Pusat pengendalian pembangunan ekoregion Sumatera (P3ES) melakukan sosialisasi rencana pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup berbasis DDDT,"terangnya. (Inro).