-->

BREAKING NEWS

Kabid PPDSP Buka Pertemuan Poklahsar Kegiatan Pengembangan Pemasaran Hasil Perikanan Provinsi Jambi. 

Kabid PPDSP Buka Pertemuan Poklahsar Kegiatan Pengembangan Pemasaran Hasil Perikanan Provinsi Jambi. 
Foto Inro, Kabid PPDSP DKP Provinsi Jambi Buka Pertemuan Poklahsar.

Jambi,Jambiekspose.net - - bertempat di aula gedung pertemuan DKP Provinsi Jambi menggelar kegiatan pertemuan akses Permodalan Poklahsar kegiatan pengembangan Pemasaran hasil perikanan Provinsi Jambi.

Hal ini ditandai dengan dibukanya secara resmi oleh Kabid PPDSP Dinas DKP Provinsi Jambi, Hernowo.A.Pi mewakili Kepala Dinas DKP Provinsi Jambi  Rabu(24/04/2019),

Turut mendampingi Ervina, pengawas perbankan OJK, Firman Syafri, Kasi Akses Perbankan Direktorat Usaha Dan Investasi KKP RI, Muhammad Baiquini BRI. Mustika Kurniati, S. Pi. MM Pelaksana kegiatan

Dikatakan  Hernowo, pada pelaksanaan pertemuan akses Permodalan Poklahsar  ini sangat penting dalam mencari solusi hambatan dan kendala yang dihadapi oleh Poklahsar sektor kelautan dan perikanan dalam akses kredit dari perbankan maupun non perbankan.

"salah satu strategi pembangunan yang dicanangkan oleh pemerintah, Mewujudkan kemandirian dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.,"jelasnya.

Dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat tersebut salah satunya pada strategi Restorasi ekonomi keluatan Indonesia.

Jumlah penyaluran kredit dan pembiayaan yang diberikan kepada pelaku ekonomi sektor kemaritiman khususnya kelautan dan perikanan masih perlu ditingkatkan.

"apalagi sektor kelautan dan perikanan Provinsi Jambi memiliki value chain atau keterkaitan yang cukup luas mulai dari tahap penangkapan, budidaya hingga distribusi yang melibatkan teknologi, "terangnya.

Untuk menambah kemampuan modal Poklahsar atau UMKM sektor perikanan dapat ditempuh melalui penyerapan kredit di bank maupun lembaga keuangan lainnya.

Ditambahkan oleh Mustika Kurniati, S. Pi. MM, Permodalan merupakan salah satu faktor produksi penting dalam usaha perikanan.

Saat ini aksebilitas kelompok pengolah dan pemasar (POKLAHSAR) terhadap sumber sumber permodalan yang disediakan masih sangat terbatas. Terutama bagi pengolah dan pemasar yang memiliki tempat pengolahan yang sempit. Dengan demikian, tidak jarang ditemui bahwa kekurangan biaya merupakan salah satu kendala bagi POKLAHSAR untuk mengembangkan usahanya.

"Tujuan kegiatan pertemuan adalah sebagai bentuk pendampingan dalam produktivitas kelompok perikanan melalui meningkatkan pendampingan manajemen usaha memfasilitasi akses permodalan ke lembaga perbankan dan non perbankan,"katanya.

Peserta sebanyak 35 orang terdiri dari Pemasar Perikanan, Dinas Perikanan Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi. (Inro).