-->

BREAKING NEWS

Menjelang PEMILU 2019, KPPU KPD Balikpapan Bersama Satgas Pangan Sidak Pasar.

Menjelang  PEMILU 2019, KPPU KPD Balikpapan  Bersama Satgas Pangan  Sidak Pasar.

Foto Humas KPPU

Balikpapan, Jambiekspose.net  – Sebagai salah satu tindak lanjut Rapat Koordinasi Lintas Lembaga dalam rangka Stabilisasi Komoditas Pangan Menjelang Pemilu 2019 di ruang rapat DIRKRIMSUS POLDA Kaltim, terdapat 4 (empat) tempat yang disidak yaitu Pasar Tradisional Pasar Baru, Pasar Mordern Farmers Market, Hypermart serta UD Gunung Sari.

Berdasarkan hasil temuan di lapangan, pasokan dan harga komoditas bahan pokok relatif stabil. Akan tetapi yang mulai bergerak naik adalah untuk komoditas sayuran yang didatangkan ke Balikpapan melalui pesawat udara. Hal ini merupakan dampak dari tindakan maskapai penerbangan menaikkan biaya Surat Muatan Udara (SMU). Secara umum harga jual di Pasar Tradisional dan Pasar Modern telah sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 57/M-Dag/PER/8/2017 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi Beras dan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2018 tentang Harga Acuan Pembelian Pembelian di Tingkat Petani dan Harga Acuan di Tingkat Konsumen.

“KPPU Pusat telah melakukan penelitian terkait dengan sektor logistik yang secara langsung berdampak terhadap harga jual komoditas pangan. Diharapkan kegiatan sidak seperti ini perlu terus dilakukan secara berkala sebagai salah satu fungsi untuk menjaga stabilitas komoditas pangan khususnya menjelang Pemilu 2019. Peran BULOG sangat penting dengan melakukan operasi pasar serta membuka rumah pangan di pasar, pungkas Abdul Hakim Juma(22/02).
(Inro)