-->

BREAKING NEWS

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi Bahwa Warga Cina Tidak Ada Unsur Pelanggaran

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi Bahwa Warga Cina Tidak Ada Unsur Pelanggaran
Foto Inro, Kepala Imigrasi Kelas I TPI Jambi Berikan Keterangan Pers

 Jambi, Jambiekspose.net-- Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Jambi memberikan klarifikasi terkait penangkapan warga negara China di Kota Jambi.

Berdasarkan keterangan tertulis disertai jumpa pers diruangan aula Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi, dijelaskan oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi, Heru Santoso Ananta Yudha Jumat(01/02/2019).

Kegiatan jumpa pers didampingi Kepala Intel beserta staf, serta dihadiri puluhan media lingkup Provinsi Jambi.

Heru Santoso Ananda Yudha mengatakan, Imigrasi seperti biasa saat tengah melakukan pengawasan rutin pada Sabtu (26/1/2019) sekitar pukul 10.00 WIB, pihak Imigrasi mendapat informasi ada seorang warga asing memasuki rumah salah satu warga daerah di Kampung Manggis, Jelutung, Kota Jambi.

"Atas informasi tersebut, pada pukul 10.30 WIB, petugas Imigrasi melakukan pengecekan terhadap yang bersangkutan dengan melakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian berupa paspor dan visa serta melakukan wawancara terhadap kegiatan bersangkutan," jelasnya.

Diteruskan lagi, setelah dilakukan pemeriksaan paspor, diketahui data yang bersangkutan adalah atas nama, Li Yan berkewarganegaraan China dengan nomor paspor EE9878318. "Dan masa berlaku paspor 21 Desember 2018 hingga 20 Desember 2028," terangnya.

Kemudian, pihak Imigrasi melakukan pemeriksaan terhadap Li Yan dengan didampingi pengacara Yosua Situmeang dan penerjemah bernama Amran yang dituangkan dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

"Ternyata Li Yan ini merupakan undangan dari saudaranya yang berasal dari Indonesia bernama Lim Song Kok, Lin Yan datang ke Indonesia tepatnya Provinsi Jambi hanya bersifat jalan-jalan, "ucapnya.

Dari hasil pemeriksaan diketahui Li Yan pemegang visa kunjungan (30), masuk melalui bandara Soekarno Hatta 29 Januari 2019 berlaku hingga 21 Februari 2019. "Pemeriksaan dilakukan hingga pukul 17.00.WIB dan terhada yang bersangkutan diberikan Surat Tanda Penerimaan (STP) paspor sehubungan dengan adanya kegiatan gladi upacara Hari Bhakti Imigrasi yang melibatkan petugas pemeriksa," sebutkan.

Kemudian kantor Imigrasi Kelas I TPI Jambi tidak menemukan adanya pelanggaran dari Lin Yan ke Jambi, hanya bersifat jalan-jalan.  (Inro).