-->

BREAKING NEWS

Kadis TPHP Provinsi Jambi Buka Rakor Pengelolaan Irigasi Untuk Pertanian Bagi Provinsi Jambi.

Kadis TPHP Provinsi Jambi Buka Rakor Pengelolaan Irigasi Untuk Pertanian Bagi Provinsi Jambi.
Foto Inro, Kadis TPHP Provinsi Jambi Buka Rakor Irigasi TA. 2019. 

Jambi, Jambiekspose.net  -- Untuk mewujudkan kedaulatan pangan infrastruktur irigasi dan pengelolaan Sumber Daya Air yang terpadu menjadi faktor penentu.

Dimana Pemerintah pusat telah menargetkan pembangunan infrastruktur irigasi baru seluas satu juta hektar yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pangan, demi tercapainya Indonesia yang berdaulat dalam pangan.

Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Jambi menggelar kegiatan rapat koordinasi  pengelolaan irigasi untuk pertanian bagi Provinsi Jambi Tahun 2019.

Kegiatan Rakor langsung dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas TPHP Provinsi Jambi, Ir. Ahmad Maushul Selas(19/02/2019).

Turut mendampingi Kepala BWSS Sumatera wilayah VI, Nur Fajri, Kabid PSP, Ir. Nuril Hastuti, serta Kadis pertanian Kabupaten kota Se-Provinsi Jambi.

Dikatakan oleh ahmad Maushul,  Rakor ini akan memberikan informasi data irigasi pertanian Provinsi Jambi yang lebih baik, sehingga dalam pelaksanaannya dapat dilaksanakan secara terukur dan terarah.

"air merupakan sumber daya dan faktor determinan yang menentukan kinerja sektor pertanian, karena tidak ada satupun tanaman pertanian dan ternak yang tidak memerlukan air, "jelasnya.

Dalam pengelolaan air masih jauh dari yang diharapkan, sehingga air yang semestinya merupakan sahabat petani berubah menjadi penyebab bencana bagi petani.

Salah satu upaya khusus yang dilakukan oleh pemerintah dalam menangani pengelolaan sumber air, dengan melalui kegiatan irigasi untuk pertanian.

"dalam rangka peningkatan pembangunan infrastruktur pertanian salah satunya difokuskan pada pembangunan irigasi, mulai dari dam, saluran primer, bagi dinas pertanian hanya melaju penanganan kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi tersier, "terangnya.

 Untuk itu diperlukan sinkronisasi kegiatan dan koordinasi yang baik dari seluruh stakeholder yang terlibat dengan kewenangannya masing-masing, sehingga pelaksanaan sesuai dengan prosedur dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ditambahkan oleh Nuril Hastuti, Rakor irigasi tahun anggaran 2019, mensinkronisasikan dan memadukan antara kegiatan di Dinas TPHP dengan kegiatan BWSS VI sehingga kegiatan dapat terintegrasi dengan baik.

"dalam kegiatan Rakor irigasi ini dapat ditindak lanjuti oleh Kadis pertanian Kabupaten kota Se-Provinsi Jambi, "katanya.

Sasaran yang hendak dicapai pada Rakor irigasi, sinkronisasi dan keterpaduan TPHP Provinsi, Dinas PUPR Provinsi Jambi serta Balai wilayah sungai Sumatera VI.

Peserta Rakor ini diikuti sebanyak 33 orang terdiri dari Kepala Dinas Kabupaten kota Se-Provinsi Jambi, unsur Bappeda Provinsi Jambi, Dinas PUPR Provinsi Jambi.

Kegiatan Rakor dilaksanakan selama 1(satu) hari dengan mengundang dari narasumber stakeholder terkait seperti BWSS VI, Bappeda, serta Dinas PUPR Provinsi Jambi. (Inro).